Enam Kesalahan yang Sering Dilakukan di Salon Kecantikan

Ilustrasi salon kecantikan
Sumber :
  • Pixabay/Life-Of-Pix

VIVA.co.id – Salon adalah salah satu tempat favorit bagi kaum hawa untuk mempercantik penampilan mereka. Layaknya berkunjung ke rumah nenek, teman, kerabat atau rumah ibadah, berkunjung ke salon pun memiliki etika tersendiri.

Mengenal Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut Anak, Mengandung Protein Hingga Vitamin E

Lalu, sudahkah Anda menjalankan etika teresebut dengan benar? Apa saja kesalahan pelanggan saat memasuki salon? Berikut di antaranya, dilansir dari laman Byrdie.

Tidak ada persiapan

Perhatikan Kandungan Alami Ini saat Pilih Hair Care Buat Atasi Kerusakan Rambut

Jangan sampai Anda datang ke salon tanpa gambaran potongan rambut seperti apa yang Anda inginkan atau layanan apa yang ingin Anda gunakan. Kalimat seperti, ‘Bagaimana bagusnya saja deh’ atau ‘Yang cocok sama wajah saja ya’ akan membuat penata rambut Anda kebingungan.

Ingat, penata rambut bukan pembaca pikiran, mereka tidak bisa langsung tahu apa yang Anda inginkan dan sukai. Menunjukkan foto atau contoh gaya rambut bisa membantu Anda dalam hal ini.

Inovasi Formula Serum Niacinamide 20%, Treatment Komprehensif Perawatan Kulit Cerah Bersinar

Meragukan penata rambut

Ketika penata rambut sudah bersiap-siap mengerjakan rambut Anda, biarkan mereka bekerja. Jika Anda menguliahi mereka tentang bagaimana seharusnya memotong rambut Anda atau memegang sisir yang benar, mereka akan kehilangan kreativitas mereka dan bukan tidak mungkin hasil potongan rambut menjadi tidak memuaskan.

"Sangat sulit apabila klien Anda mendikte Anda banyak hal bahkan sebelum Anda memulai pekerjaan Anda," ujar Brian Zinno, selaku Senior Education Director di Antonio Prieto Salon.

Zinno menyarankan untuk membuat kesepakatan bersama penata rambut Anda sebelum proses pemotongan rambut dimulai dan percayakan proses tersebut pada mereka.

Mengabaikan rekomendasi produk

"Jangan menolak jika penata rambut membahas sebuah produk. Menjual produk adalah bagian dari bisnis dan kami menawarkan produk yang dapat meningkatkan kualitas rambut secara keseluruhan," ujar Halli Bivona dari John Barrett Salon, New York.

Menolak saran

Cobalah untuk tetap berpikiran terbuka saat berkonsultasi mengenai rambut. Seorang penata rambut tentu akan berusaha memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengarkan baik-baik apa yang mereka sarankan dan utarakan pendapat Anda setelahnya.

Ilustrasi perawatan wajah

Menyentuh rambut

Bivona menegaskan untuk tidak menyentuh rambut selama proses penataan rambut berlangsung. Anda harus mengerti bahwa para penata rambut bekerja keras untuk membentuk rambut Anda menjadi indah. Jangan sentuh rambut Anda sebelum prosesnya benar-benar selesai.

Diam saat tidak puas

"Saat kami (penata rambut) selesai mengerjakan rambut Anda, utarakan pendapat Anda, bahkan jika saat merasa tidak puas sekali pun," ujar Bivona.

Para penata rambut tentu akan berusaha memperbaiki kesalahan mereka agar para pelanggan pulang dengan hasil yang memuaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya