Contact Center 172 Layanan Keluhan Pengguna Bandara AP I
- Raudhatul Zannah / VIVA.co.id
VIVA.co.id – Selain meningkatkan pelayanan, PT Angkasa Pura I juga merealisasikan contact center 172. Contact center 172 ini sudah beroperasi secara penuh sejak 20 Februari 2016.
Pengoperasian contact center 172 dapat diakses melalui telepon maupun telepon selular di nomor 172. Adapun akun media sosial seperti email: cc172@ap1.co.id, facebook: AngkasaPura 172, dan twitter: @angkasapura172.
"Angkasa Pura I mengelola 13 bandara komersial di wilayah tengah dan timur Indonesia dengan jumlah pengguna jasa yang besar. Kondisi seperti ini membutuhkan saluran komunikasi yang baik antara pengguna jasa bandara dengan Angkasa Pura I selaku operator bandara," kata Corporate Secretary Angkasa Pura I, Farid Indra Nugraha, di Jakarta Pusat, Senin 13 Juni 2016.
Adapun fungsi dari contact center 172 ini untuk menerima dan menindaklanjuti keluhan dari seluruh pengguna jasa bandara dan dapat memberikan informasi serta menerima saran dan masukan dari seluruh stakeholder bandara.
Menurut Farid, tidak hanya penumpang yang dapat menyampaikan keluhan kepada Bandara 172. Tetapi mitra usaha lainnya, seperti airlines, groundhandling, hingga tenant-tenant di area komersial bandara dapat menyampaikan keluhan dan saran melalui contact center 172.
Di samping itu, contact center 172 ini salah satu upaya Angkasa Pura I untuk meningkatkan Customer Satisfaction Index (CSI).
"Bercermin dari Hearthrow Airport di London, contact center bandara diakses oleh lebih dari 10 juta pengguna jasa dan sangat potensial sebagai prospek untuk diversifikasi usaha bandara. Karena hal itu lah kami juga menerapkan pada contact center 172," kata Farid.