Warren Buffett: Senangkan Pelanggan Bukan Puaskan Pelanggan
- REUTERS/Jim Young
VIVA.co.id – Miliarder saham ternama, Warren Buffett, memiliki sebuah nasihat kepada setiap orang yang akan memulai bisnis baru. Nasihatnya pun sangat sederhana.
Dilansir Business Insider, Kamis 9 Juni 2016, Warren Buffett memberikan ceramah kepada sebuah kelompok kecil wirausahawan di program kelulusan Goldman Sachs 10.000 Small Businesses. Dia menyarankan para peserta, saat besok bangun pagi mereka melihat ke cermin untuk menulis sesuatu pada cermin mereka. Â
"Besok pagi, setelah bangun, ketika kamu melihat ke cermin, tulis - dengan lipstik atau apa pun yang Anda punya - pada cermin 'senangkan pelanggan saya' bukan 'puaskan pelanggan saya'. Senangkan pelanggan saya," kata Buffett.
Buffett mencontoh pendiri Amazon, Jeff Bezos, sebagai contoh klasik seorang wirausahawan yang selalu fokus untuk menyenangkan pelanggan.
Pria tua itu mengatakan setiap bisnis yang memiliki pelanggan yang senang, memiliki kekuatan penjualan di luar sana yang tidak perlu dibayar. “Anda tidak melihat mereka tetapi mereka membicarakan bisnis Anda kepada orang-orang sepanjang waktu," katanya.
Dia pun menceritakan pengalamannya, ketika membeli mobil beberapa tahun lalu. "Saya tidak ingat berapa yang saya bayar tetapi saya ingat pengalaman yang saya miliki," katanya.
Buffett memiliki perusahaan Berkshire Hathaway yang dimulai dari sebuah perusahaan kecil. Namun, selama lima puluh tahun perusahaannya telah berkembang besar dengan kapitalisasi pasar sebesar US$350 miliar.