Tol Laut Mubazir, Harga Komoditas Tetap Meroket

Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono
Sumber :

VIVA.co.id – Program tol laut yang dicanangkan pemerintah dinilai mubazir karena tidak berdampak signifikan terhadap penurunan harga barang. Program pemerintah itu justru menafikan peran swasta yang selama ini sudah melayani pelayaran hingga ke pelosok daerah.

Selain MRT, Bali Bakal Bangun Tol Laut di Awal 2025 untuk Atasi Kemacetan

Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono mengatakan, pemerintah seharusnya memelihara transportasi laut yang sudah berjalan dengan baik, didukung lebih dari 14.000 kapal swasta dan sebagian kecil kapal pemerintah.

“Selama ini, yang membuat distribusi logistik antarpulau menjadi lebih murah bukan karena tol laut, tetapi peran swasta yang besar. Mereka tersebar, sudah melayani secara reguler dan jumlahnya ribuan,” ujarnya di Jakarta, Rabu 8 Juni 2016.

Ditanya Nelayan soal Program Tol Laut Jokowi, Anies Baswedan Jawab Itu Proyek Gagal

Buktinya, ujar Bambang, sebelum ada program tol laut, harga barang antara pusat (Jawa) dan daerah relatif sama, bahkan di beberapa daerah lebih murah. Bambang lalu mencontohkan, per 5 Juni 2016, harga daging di Jakarta mencapai Rp120.000 per kg, sementara di Manado Rp95.000 dan Manokwari Rp100.000 per kg. Demikian juga harga minyak goreng di Ibu Kota masih berkisar Rp12.700 per kg.Tetapi di Manado Rp11.100 dan di Jayapura Rp12.000 per kg.

Anggota F-Gerindra DPR ini, mengungkapkan, tol laut tidak akan mampu menekan harga karena armada, jalur, dan jadwalnya sedikit.

Perpendek Waktu Tempuh Kapal ke NTT, Kemenhub Buka Rute Trayek Hub-Spoke Tol Laut

“Kalau jadwalnya berminggu-minggu sama saja bohong. Kalau cuma satu atau dua kapal, tidak ada pengaruh pada harga barang,”ujarnya.

Menurut Bambang, manfaat tol laut, terlalu dibesar-besarkan pemerintah. Padahal, program itu mubazir dan hanya menghambur-hamburkan anggaran negara yang terbatas.

“Harusnya berikan saja subsidi ke swasta agar mereka jalannya lebih tepat waktu dan regular.Tidak usah bangun kapal baru dengan investasi sangat besar. Daripada begitu, anggarannya untuk keruk alur pelayaran yang sudah dangkal saja,” katanya.

Indonesia sesungguhnya sangat beruntung karena memiliki laut lebih luas daripada daratan atau pulau, sehingga infrastruktur transportasi maupun logistik bisa lebih murah.

Menurut politisi dari dapil Jatim I ini, karena sudah ada laut sebagai prasarana transportasi, pemerintah tidak perlu bangun infrastruktur jalan raya dan mengeluarkan biaya rutin untuk pemeliharaan tiap tahun yang mencapai lebih dari Rp100 triliun. Ini otomatis membuat harga logistik jadi lebih murah. Contohnya, tarif pelayaran menggunakan kontainer dari Jakarta ke Jayapura dengan jarak lebih kurang 5.500 km sekitar Rp15 juta atau hanya Rp2.700 per km.

Sebagai perbandingan, kata Bambang lagi, ongkos angkut dengan truk dari Jakarta ke Cikarangdengan jarak kurang dari 100 km mencapai Rp2 juta atau Rp20.000 per km. Harga barang dan sembako di daerah pesisir kawasan timur Indonesia yang bisa diakses kapal laut relatif sama dengan daerah lain di kawasan barat, bahkan beberapa jenis barang lebih murah.

“Yang menyebabkan harga menjadi mahal karena barang itu diangkut lagi melalui darat atau udara ke daerah pedalaman. Infrastruktur jalan buruk dan tarif pesawat mahal membuat harga naik ratusan kali, sehingga rakyat di pedalaman tidak bisa menikmati hasil pembangunan,”kata Bambang. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya