Induk BUMN Konstruksi, Tol dan Perumahan Segera Dibentuk

Gedung Hutama Karya (HK)
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pemerintah, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), tengah berupaya membentuk perusahaan induk (holding) bagi semua BUMN untuk meningkatkan daya saing. Ditargetkan sejumlah holding akan terbentuk tahun ini, termasuk di antaranya adalah BUMN di bidang konstruksi dan tol hingga perumahan.

Holding BUMN Energi Dorong Efisiensi Industri Gas

Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan dari Kementerian BUMN, Pontas Tambunan, mengatakan proses pembicaraan untuk pembentukan Holding BUMN konstruksi, BUMN tol dan BUMN perumahan ini sudah sampai di level Kementerian Keuangan. 

"Tahun ini kan harus selesai, kalau target bulannya, kita lihat sampai Juni ini perkembangannya sampai mana, artinya kan kita harus bicara dulu sama kementerian terkait. Sekarang dalam proses kementerian terkait, pembicaraannya belum selesai sama Kemenkeu," kata Pontas di kantor Kementerian BUMN Jakarta, Rabu 11 Mei 2016. 

Pemerintah Didesak Bentuk Holding BUMN Pangan

Ia menjelaskan ada tiga bidang yang akan diselesaikan oleh pihaknya, di antaranya adalah Induk BUMN Tol, Induk BUMN Konstruksi dan Induk BUMN Perumahan. "Tiga-tiganya itu sedang kita siapkan," kata dia. 

Menurut Pontas, yang berhak menjadi induk holding BUMN di berbagai bidang tersebut adalah perusahaan BUMN yang sahamnya 100 persen dimiliki oleh pemerintah. 

Sebelum Lebaran, Holding BUMN Energi Selesai Dibentuk

"Yang jelas, untuk yang jadi induknya, syaratnya adalah dia yang pasti 100 persen (milik pemerintah), kedua, tidak memiliki organisasi yang terlalu rumit, karena yang namanya holding kan harus di set up ulang, itu aja," kata Pontas.

(ren)

PT Pembangunan Perumahan

PP Gelontorkan Rp51,45 Miliar Garap Tiga Ruas Tol

Proyek jangka panjang ini berbentuk konsorsium BUMN.

img_title
VIVA.co.id
10 Juni 2016