Garuda Indonesia Raih Penghargaan '5-Star Airline'

Menteri BUMN Rini Sumarno bersama manajemen Garuda
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai “Maskapai Bintang Lima” atau “5-Star Airline” oleh Skytrax, lembaga independen pemeringkat penerbangan global berbasis di London, Inggris. Pencapaian ini merupakan yang kedua kalinya, setelah memperoleh gelar tersebut pertama kali pada akhir 2014.

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Sertifikat “5-Star Airline” yang kedua tersebut diserahkan langsung CEO Skytrax, Edward Plaisted kepada Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, disaksikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Duta Besar RI untuk Singapura I Gusti Ngurah Swajaya, dan Komisaris Utama Garuda Indonesia Jusman Syafii Djamal, di Singapura, Rabu, 17 Februari 2016.

Menteri BUMN, RI Rini Soemarno mengatakan, predikat sebagai “Maskapai Bintang Lima” dari Skytrax, tidak sekadar memperkuat brand komersial Garuda Indonesia, namun sekaligus memperkokoh Nation Branding Indonesia di mata dunia.

Garuda Jadi Maskapai dengan Protokol Kesehatan Terbaik di Dunia

"Sebagai maskapai nasional pembawa bendera bangsa, Garuda Indonesia telah mempersembahkan pencapaian ini kepada negara dengan baik. Selain sebagai prestasi, pencapaian ini sekaligus menjadi tantangan yang lebih besar untuk terus menerus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa," kata Rini dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 17 Februari 2016.

Lebih jauh Rini Soemarno juga mengatakan, pencapaian reputasi internasional harus diikuti dengan kinerja finansial yang baik juga. Ia juga mengapresiasi pencapaian laba bersih (net profit) tahun 2015 yang dicapai Garuda Indonesia senilai Rp1 triliun lebih atau setara US$77,9  juta.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo mengatakan, pencapaian ini merupakan hasil dari komitmen dan konsistensi manajemen dan seluruh karyawan untuk bekerja keras dalam memberikan hal terbaik yang dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja perusahaan pada seluruh aspek bisnis.

“Pencapaian ini merupakan milestone penting bagi Garuda Indonesia di awal tahun 2016, sekaligus menjadi tantangan yang lebih besar bagi Garuda Indonesia untuk secara terus menerus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa,” kata Arif.

Proses sertifikasi “5-Star Airline” dilaksanakan melalui proses “Skytrax Audit” dengan poin-poin penilaian mendetil yang meliputi seluruh aspek pelayanan, dari pre-flight, in-flight dan post-flight, seperti kualitas pelayanan penumpang di bandara, kualitas ruang tunggu, kenyamanan kabin, sajian dalam pesawat (inflight meal), hingga kualitas hiburan dalam pesawat (in-flight entertainment).

CEO Skytrax, Edward Plaisted mengatakan, keberhasilan Garuda Indonesia dalam mempertahankan predikat “5-Star Airline” merupakan wujud kerja keras dalam mempertahankan kualitas pelayanan.

“Pada situasi industri penerbangan yang kompetitif, Garuda Indonesia mampu bertahan dalam persaingan dengan tetap mempertahankan nilai-nilai dan standar pelayanan yang dijalankan."

(mus)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya