Awal Tahun, Samsung Klaim Punya 20 Experience Store
- Samsung
VIVA.co.id – Samsung kembali menduduki posisi puncak pangsa pasar smartphone di Tanah Air. Dalam data Counterpoint, perusahaan asal Korea Selatan itu menguasai 19 persen pangsa pasar smartphone Indonesia di kuartal ketiga tahun 2015.
Posisi ini sempat direnggut oleh vendor lokal Evercoss yang sempat menguasai 18,5 persen pangsa pasar pada kuartal kedua 2015, sedangkan pada periode itu, Samsung hanya menguasai 16 persen pangsa pasar smartphone. Kuartal ketiga ini, pangsa pasar Samsung naik lagi menjadi 19 persen, sedangkan Evercoss hanya 14,4 persen.
Samsung dipercaya mampu meraih kembali 'tahta' berkat strategi yang baik, termasuk kerja sama dengan distributor menggelar gerai untuk pengalaman konsumen. Samsung mengklaim, total Samsung Experience Store (SES) yang dimilikinya tahun 2015 kemarin mencapai 19 unit. Ini belum termasuk SES yang baru di buka di Central Park awal tahun ini.
Dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 29 Januari 2016, Tiphone mengatakan jika gerai SES di Central Park, Jakarta, merupakan yang ke-20. Ini merupakan gerai pertama yang diresmikan tahun ini, menyusul 19 gerai lainnya yang telah beroperasi sejak beberapa tahun lalu. Hanya saja gerai-gerai tersebut dikembangkan oleh banyak distributor, tidak hanya Tiphone Mobile.
"Kami mencoba menghadirkan gabungan konsep dan desain elegan, dipadu dengan digital display dari produk-produk terkini yang kami punya. Mulai dari produk premium, tablet, sampai entry level. Diharapkan ini bisa mempermudah konsumen memilih produk sesuai kebutuhan," ujar Chief Executive Officer (CEO) PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk, Tan Lie Pin.
Ditambahkan Lie Pin, kehadiran gerai ini diharap bisa mendekatkan produk dan teknologi Samsung yang berkualitas dengan konsumen yang ada di Indonesia. Pasalnya, selain menyajikan 'solusi satu atap', konsumen Samsung yang memiliki kendala atau mengalami kerusakan pada perangkat yang dimilikinya¸mereka dapat berkonsultasi melalui Front Liner Excellence yang terlatih. Tak hanya itu saja, Front Liner Excellence juga akan selalu siap untuk membantu konsumen dalam mengunduh berbagi aplikasi mobile di gawai (gadget).
Selain itu pada gerai SES di Mall Central Park juga tersedia layanan Samsung Smart Service, yang mana para petugas S-Care (sebutan untuk spesialis di Samsung Smart Service) akan membantu konsumen, mulai dari memindahkan semua file dan aplikasi dari handphone lama ke handphone yang baru, konsultasi seputar aplikasi Samsung, dan memberikan saran profesional mengenai berbagai hal terkait produk, fitur, dan teknologi terkini yang dimiliki oleh Samsung.
"Kami juga melayani konsumen yang ingin mendaftar layanan Kartu Halo dari Telkomsel. Pendaftaran Kartu Halo ini diharap dapat meningkatkan pertumbuhan pengguna pelanggan dari 2G menjadi 3G maupun 4G LTE," katanya.