Alibaba Incar Pemasaran Produk UKM Indonesia

Alibaba.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Raksasa e-Commerce asal China, Alibaba, menyampaikan keinginannya untuk bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk memasarkan produk UKM asal Indonesia. Saat ini, penjajakan sedang dilakukan. 

26 Pebisnis UKM Ini Masuk Anugerah Wirausaha Indonesia
"Tadi kami mendapat kunjungan dari Alibaba. (Kerja samanya) baru tahap penjajakan. Dia ingin menawarkan untuk membantu UKM," kata Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran-Koperasi dan UKM dari Kementerian Koperasi dan UKM, Ahmad Zabadi, kepada wartawan di Jakarta, Jumat 29 Januari 2016.
 
Alibaba Cetak Rekor Transaksi Tiga Triliun Yuan
Namun, Ahmad belum bisa menjelaskan secara rinci apa isi pertemuan Kementerian Koperasi dan UKM dengan Alibaba.
 
Dorong Daya Saing UMKM, Pemerintah Sempurnakan Dua Kebijakan
"Baru kenalan. Kalau dia, kan, kuat di kerajinan tangan dan fesyen. Mereka ingin melihat database kami," kata dia.
 
Ahmad mengatakan, saat ini ada dua perusahaan e-Commerce yang digandeng Kementerian Koperasi dan UKM untuk memasarkan produk UKM, yaitu Blibli dan Bhinneka.
 
Kerja sama dengan kedua perusahaan e-Commerce ini telah dilaksanakan sejak tahun 2015. Dikatakannya bahwa ada empat ribu UKM yang memasarkan produknya di kedua situs tersebut.
 
"Kami membuka kerja sama dengan online shop supaya (produk) UKM kita mudah diakses. Kami juga punya smescotrade.com sebagai online shop," kata dia. (ren)
 
Ilustrasi pelaku UKM.

Lima Penyebab Bisnis Berskala UKM Bangkrut

UKM butuh kehati-hatian dalam mengelola bisnis.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016