Jarang Delay, Maskapai Ini Raih Penghargaan
Selasa, 5 Januari 2016 - 11:25 WIB
Sumber :
- Fikri Halim / VIVA.co.id
VIVA.co.id
- Maskapai penerbangan berbiaya murah
(Low cost carrier
/LCC) Citilink Indonesia berjanji akan terus meningkatkan layanannya kepada para pengguna jasa.
Baca Juga :
AirAsia Tawarkan Tiket Rp299 Ribu ke Malaysia
Baca Juga :
Jokowi: Kereta Akan Kurangi Macet di Bandara
Hal ini dibuktikan, setelah maskapai ini menerima Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 Delay Management dari badan sertifikasi ISO yang berpusat di Inggris, British Standard Institute (BSI).
Presiden Direktur Citilink, Albert Burhan mengatakan, dengan diberikannya sertifikat ini membuat Citilink sebagai maskapai LCC pertama yang bersertifikat ISO. Menurut dia, delay management yang dimiliki dan diterapkan oleh Citilink Indonesia telah memenuhi sistem manajemen mutu berstandar lnternasional yang menjamin Service Quality Management kepada pelanggan.
"Ini menjadi bukti kesungguhan dan ketaatan Citilink terhadap aturan yang diterapkan oleh Kementerian Perhubungan. Di samping itu, Citilink menjadi satu-satunya airline di Indonesia selain Garuda yang telah dinyatakan tersertifikasi ISO ini," ujar Albert di hotel Redtop, Jakarta, Selasa, 5 Januari 2016.
Albert menambahkan, ini semua sebagai upaya Citilink untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa, khususnya dalam prosedur penanganan ketika terjadi keterlambatan penerbangan.
Albert memaparkan, Sertifikat lSO 9011: 2015 Delay Management merupakan acuan bagi Citllink Indonesia dalam menangani keterlambatan penerbangan sesuai dengan standar internasional.
Proses yang dilalui Citilink untuk mendapat sertifikat ISO berlangsung selama tiga bulan sejak 25 September - 23 Desember 2015. Mulai dari rapat konsultasi hingga pemeriksaan lapangan dan penetapan prosedur standar operasional.
Prosedur tersebut meliputi 17 prosedur, 14 uraian jabatan, 11 dokumen, 27 formulir. Sementara, audit lapangan yang juga dilakukan BSI meliputi ZS station domestik Citilink, audit diadakan baik dari segi station (KK dan Ground Handling), tiap-tiap Customer Service, serta Operation Control Center dan Call Center.
"Delay management merupakan salah satu atribut utama maskapai dalam memenuhi kepuasan pelanggan yang pada akhirnya berpengaruh terhadap kredibilitas dan kepercayaan pelanggan. Sertifikat ISO 9001: 2015 Delay Management ini kiranya dapat lebih meningkatkan kepuasan serta menguatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan yang Citilink berikan."
(mus)
Baca Juga :
Halaman Selanjutnya
"Ini menjadi bukti kesungguhan dan ketaatan Citilink terhadap aturan yang diterapkan oleh Kementerian Perhubungan. Di samping itu, Citilink menjadi satu-satunya airline di Indonesia selain Garuda yang telah dinyatakan tersertifikasi ISO ini," ujar Albert di hotel Redtop, Jakarta, Selasa, 5 Januari 2016.