Survei: Pelayanan di Bandara Soekarno Hatta Memuaskan
Minggu, 22 November 2015 - 12:20 WIB
Sumber :
- VIVAnews/Fernando Randy
VIVA.co.id
- Sebuah survei tentang pelayanan penumpang jasa penerbangan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) menyatakan bahwa mayoritas penumpang merasa puas terhadap pelayanan operator bandara Soetta yakni PT anggaran Pura II.
Hasil survei tersebut dilakukan oleh Indonesia Development Monitoring (IDM) bertema Pengaruh Revolusi Mental di Angkasa Pura digelar di Bandara Soetta pada 29 Oktober hingga 12 November 2015.
“Dari hasil pendapat publik, pelayanan terkait akses menuju dan ke Bandara, dari jawaban responden 81,2 persen mengatakan mudah, sisanya tidak menjawab,” ujar Direktur Eksekutif IDM, Widodo Tri Sektianto, dalam siaran persnya, di Jakarta, Minggu 22 November 2015.
Widodo mengatakan, dari sisi fasilitas di bandara Soetta salah satunya, area parkir diperoleh sekitar 83.2 persen responden menyatakan area parkiran tertib, aman dan teratur. Sedangkan terkait kecepatan dan ketepatan saat check in sebanyak 74,8 persen responden mengatakan lancar dan tertib .
Terkait kecepatan dan ketepatan dalam penanganan bagasi, khususnya yang terkait dengan keterlambatan, kehilangan bagasi di bandara, sekitar 81,6 persen penumpang menyatakan puas dan 18,4 persen tidak puas dan sering hilang bagasinya.
Terkait kebersihan di bandara seperti ruang tunggu di dalam bandara, toilet, ruang antar jemput penumpang, area food court, area parkir, keberadaan petugas kebersihan, 78.4 persen responden mengatakan memuaskan dan 15 persen mengatakan harus lebih ditingkatkan.
"Hampir 88,3 persen penumpang di bandara mengatakan merasa nyaman jika berangkat dan tiba dari Sukarno-Hatta,” kata Widodo.
Dia melanjutkan, terhadap pelayanan imigrsai dan bea cukai di Bandara Soeta menurut pengunaan jasa penerbangan 56,3 persen responden menilai cukup cepat serta teliti. Sementara 33,7 persen lainnya mengatakan lambat dan kadang petugas imigrasi kurang .
“Disimpulkan bahwa pengelola bandara Soetta oleh PT Angkasa Pura II sudah sangat baik akibat adanya program revolusi mental pelayanan jasa kepada penumpang di Bandara Soekarno Hatta, tapi harus terus ditingkatkan layanannya sejalan dengan makin tingginya harapan konsumen jasa penerbangan,” kata dia.
Widodo mengatakan, dari sisi fasilitas di bandara Soetta salah satunya, area parkir diperoleh sekitar 83.2 persen responden menyatakan area parkiran tertib, aman dan teratur. Sedangkan terkait kecepatan dan ketepatan saat check in sebanyak 74,8 persen responden mengatakan lancar dan tertib .
Terkait kecepatan dan ketepatan dalam penanganan bagasi, khususnya yang terkait dengan keterlambatan, kehilangan bagasi di bandara, sekitar 81,6 persen penumpang menyatakan puas dan 18,4 persen tidak puas dan sering hilang bagasinya.
Terkait kebersihan di bandara seperti ruang tunggu di dalam bandara, toilet, ruang antar jemput penumpang, area food court, area parkir, keberadaan petugas kebersihan, 78.4 persen responden mengatakan memuaskan dan 15 persen mengatakan harus lebih ditingkatkan.
"Hampir 88,3 persen penumpang di bandara mengatakan merasa nyaman jika berangkat dan tiba dari Sukarno-Hatta,” kata Widodo.
Dia melanjutkan, terhadap pelayanan imigrsai dan bea cukai di Bandara Soeta menurut pengunaan jasa penerbangan 56,3 persen responden menilai cukup cepat serta teliti. Sementara 33,7 persen lainnya mengatakan lambat dan kadang petugas imigrasi kurang .
“Disimpulkan bahwa pengelola bandara Soetta oleh PT Angkasa Pura II sudah sangat baik akibat adanya program revolusi mental pelayanan jasa kepada penumpang di Bandara Soekarno Hatta, tapi harus terus ditingkatkan layanannya sejalan dengan makin tingginya harapan konsumen jasa penerbangan,” kata dia.
Baca Juga :
Tingkat Keyakinan Konsumen RI Menurun Tajam, Ungkap Survei
Prospek ketenagakerjaan merupakan pendorong utama penurunan itu.
VIVA.co.id
12 Agustus 2016
Baca Juga :