Survei: Pelayanan di Bandara Soekarno Hatta Memuaskan

Grand Desain Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVA.co.id
Konsumen di Asia Kian Bergairah, Ungkap Survei Nielsen
- Sebuah survei tentang pelayanan penumpang jasa penerbangan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) menyatakan bahwa mayoritas penumpang merasa puas terhadap pelayanan operator bandara Soetta yakni PT anggaran Pura II.
Harga Pangan Menurun, Konsumen Kembali Bergairah

Hasil survei tersebut dilakukan oleh Indonesia Development Monitoring (IDM) bertema Pengaruh Revolusi Mental di Angkasa Pura digelar di Bandara Soetta pada 29 Oktober hingga 12 November 2015.
Survei: Pencari Kerja RI Tak Bahagia dengan Pekerjaannya


“Dari hasil pendapat publik, pelayanan terkait akses menuju dan ke Bandara, dari jawaban responden 81,2 persen mengatakan mudah, sisanya tidak menjawab,” ujar Direktur Eksekutif IDM, Widodo Tri Sektianto, dalam siaran persnya, di Jakarta, Minggu 22 November 2015.

Widodo mengatakan, dari sisi fasilitas di bandara Soetta salah satunya, area parkir diperoleh sekitar 83.2 persen responden menyatakan area parkiran tertib, aman dan teratur. Sedangkan terkait kecepatan dan ketepatan saat check in sebanyak 74,8 persen responden mengatakan lancar dan tertib .

Terkait kecepatan dan ketepatan dalam penanganan bagasi, khususnya yang terkait dengan keterlambatan, kehilangan bagasi di bandara, sekitar 81,6 persen penumpang menyatakan puas dan 18,4 persen tidak puas dan sering hilang bagasinya.

Terkait kebersihan di bandara seperti ruang tunggu di dalam bandara, toilet, ruang antar jemput penumpang, area food court, area parkir, keberadaan petugas kebersihan, 78.4 persen responden mengatakan memuaskan dan 15 persen mengatakan harus lebih ditingkatkan.

"Hampir 88,3 persen penumpang di bandara mengatakan merasa nyaman jika berangkat dan tiba dari Sukarno-Hatta,” kata Widodo.

Dia melanjutkan, terhadap pelayanan imigrsai dan bea cukai di Bandara Soeta menurut pengunaan jasa penerbangan 56,3 persen responden menilai cukup cepat serta teliti. Sementara 33,7 persen lainnya mengatakan lambat dan kadang petugas imigrasi kurang .

“Disimpulkan bahwa pengelola bandara Soetta oleh PT Angkasa Pura II sudah sangat baik akibat adanya program revolusi mental pelayanan jasa kepada penumpang di Bandara Soekarno Hatta, tapi harus terus ditingkatkan layanannya sejalan dengan makin tingginya harapan konsumen jasa penerbangan,” kata dia.

Para konsumen penuhi suatu acara pesta diskon sepatu di Jakarta.

Tingkat Keyakinan Konsumen RI Menurun Tajam, Ungkap Survei

Prospek ketenagakerjaan merupakan pendorong utama penurunan itu.

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2016