Nielsen: Konsumsi Media di Luar Pulau Jawa Lebih Tinggi
Rabu, 21 Mei 2014 - 18:14 WIB
Sumber :
- cartoonstock.com
VIVAnews
– Nielsen Indonesia, perusahaan informasi dan media global, menemukan temuan baru terkait konsumen media baru-baru ini.
Ternyata, tingkat konsumsi media di luar Pulau Jawa lebih tinggi dibandingkan kota besar di wilayah Jawa.
Ternyata, tingkat konsumsi media di luar Pulau Jawa lebih tinggi dibandingkan kota besar di wilayah Jawa.
Baca Juga :
Buat Diskusi Bahaya Judol dan Pinjol, AMPI Ingin Pemerintah Punya Strategi Atasi Masalah Ini
Managing Director Media Nielsen Indonesia, Irawati Pratignyo mengatakan, terdapat perbedaan yang sangat menarik antara pola konsumsi media di kota-kota Pulau Jawa dengan kota di luar Jawa.
Dia memaparkan, konsumsi televisi di luar Pulau Jawa lebih tinggi sebesar 97 persen, disusul oleh radio sebanyak 37 persen, internet 32 persen, Koran 26 persen, bioskop 11 persen, tabloid 9 persen dan majalah sebesar 5 persen.
Namun, konsumsi internet di wilayah Pulau Jawa sedikit lebih tinggi 34 persen.
Irawati menjelaskan, tingginya pertumbuhan tingkat konsumsi terhadap media di luar Pulau Jawa sejalan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan bahwa pertumbuhan penduduk di luar Jawa lebih cepat atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan wilayah Jawa.
Selain itu, besar Produk Domestik Bruto (PDB) dan laju peningkatan PDB di luar Jawa lebih tinggi dibandingkan di Jawa. Dia memperkirakan peningkatan tersebut akan terus berlanjut hingga tahun ini.
Dia menambahkan, pertumbuhan konsumsi internet melalui akses
mobile
seperti telepon genggam dan
wifi
, di wilayah Jawa lebih tinggi 5 kali lipat dibandingkan di luar Jawa yang hanya 3 kali lipat.
“Di kota-kota besar di Jawa kini semakin mudah mendapatkan akses internet melalui tempat-tempat yang menyediakan akses
wifi
gtaris. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena kualitas infrastruktur yang berbeda antara Jawa dan luar Jawa," ungkap Irawati di Mayapada Tower Jakarta, Rabu 21 Mei 2014. (adi)
Baca Juga :
Halaman Selanjutnya
Managing Director Media Nielsen Indonesia, Irawati Pratignyo mengatakan, terdapat perbedaan yang sangat menarik antara pola konsumsi media di kota-kota Pulau Jawa dengan kota di luar Jawa.