VIDEO: Nikmatnya Kuliner Lebaran dari Berbagai Negara

Baklava
Sumber :
  • theyucadiaries.com
VIVAlife - Setiap negara dengan mayoritas penduduk muslim pasti memiliki sederet santapan khas yang selalu hadir menemani Idul Fitri. Di Indonesia, kuliner khas lebaran yang tak pernah absen di meja makan adalah opor ayam dan ketupat. Belum lagi rendang dan sambal goreng dengan rasa pedas yang menggugah selera.
Pos Indonesia Terbitkan Prangko Prisma Edisi Khusus PON 2024 Aceh-Sumut

Lain lagi di Turki. Warga di sana lebih memilih makanan berasa manis atau asin untuk menjamu para tamunya saat lebaran. Ingin tahu hidangan khas dari negara lainnya? 
Pj Gubernur Sumut Respon Viral Jalan Menuju Venue Voli PON 2024 Berlumpur dan Berair

Bangladesh
19 Caleg Terpilih DPR RI Resmi Mundur karena Maju Pilkada Serentak 2024

Negara ini juga terkenal dengan kuliner pedasnya. salah satu yang kerap dihidangkan saat lebaran adalah kari chotpoti. Kari berkalori rendah ini berisi kacang polong, kentang, dan telur. 

Pakistan

Pakistan punya menu segar berlebaran. Sheer kurma, semacam puding dari campuran kurma kering dan susu. Biasanya masyarakat menyantapnya pagi hari setelah salat ied atau saat menemani tamu yang sedang berkunjung.

Turki

Baklava termasuk santapan manis yang biasa menemani umat Muslim di Turki berlebaran. Terbuat dari adonan phyllo, sejenis pastry khas Turki yang dicampur dengan isi kacang pistachio, gula dan air mawar, baklava menjadi santapan yang sangat istimewa.

Cita rasanya yang manis dan gurih serta aromanya yang harum membuatnya menjadi santapan favorit. Menurut sejarah, baklava dikenalkan pertama kali pada masa Kerajaan Ottonom.

Mesir

Rasanya kurang afdol jika lebaran tak ada kue kahk. Kue berbentuk bulat dengan isi kacang dan taburan tepung gula ini sudah menjadi tradisi sejak 1540 SM. 

China

Meski masyarakat muslim di China tidak terlalu banyak, namun mereka memiliki tradisi sendiri untuk urusan kuliner lebaran. warga muslim di sana menyantap mei 
la mian. Mie buatan tangan yang disajikan dengan siraman sup daging domma atau sapi. Kuah mie ini memiliki rasa kuat kacang tanah dan wijen. Tertarik mencicipi? Lihat terlebih dulu videonya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya