Pertamina Siapkan 22 SPBU Kendalikan Solar Nonsubsidi

Kapal bermuatan solar milik Pertamina karam di Marunda
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - PT Pertamina menyiapkan 22 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis solar non subsidi. 

Partai Buruh Pragmatis dengan Dukung Pemerintahan Prabowo, Menurut Profesor Politik

SPBU ini tersebar di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepri, dan Aceh yang disiapkan untuk mobil barang yang beroperasi di perkebunan dan pertambangan.

"Pertamina Region I Sumbagut (Sumatera bagian utara) siap menjalankan peraturan menteri terkait larangan menggunakan BBM subsidi bagi mobil barang pengangkut tambang dan perkebunan mulai September ini," kata Customer Relation FRM I Pertamina Sumbagut, Sony Mirath pada VIVAnews, Sabtu 1 September 2012.

Jessica Felicia Klaim Punya Bukti Perselingkuhan Azizah Salsha, Kuasa Hukum: Kita Lihat Nanti

Menurutnya, selain menyiapkan 22 SPBU di wilayah Sumbagut, perseroan juga menggunakan 11 unit mobile SPBU. Mobile SPBU nonsubsidi ini termasuk sarana dan fasilitas yang disiapkan perusahaan untuk menjangkau konsumen BBM solar nonsubsidi.

"Ini baru tahap awal. Ke depan akan terus kita perbanyak untuk menerapkan peraturan tersebut," ujar Sony.

Opang Minta Kompensasi Rp 10 Juta per Orang, Maksud Kaesang Diminta Formulir Gratifikasi di KPK

Mobile SPBU yang disiapkan ini, Sony menambahkan, akan mendatangi sejumlah sentra mobil angkut pertambangan dan perkebunan. Menurut data Pertamina, dari 22 SPBU yang disiapkan ini, tiga unit berada di Sumbar.

Tiga unit SPBU di Sumbar itu yakni, SPBU By Pass Air Pacah, SPBU Jalan Padang-Painan di Teluk Kabung, SPBU By Pass Desa Pulai Anak Air, Mandiangin Koto Selayan. Sisanya, berada di Sumut (empat unit), Aceh (tiga unit), Kepri (tiga unit) dan Riau (sembilan unit).

Seperti diketahui, peraturan Menteri ESDM nomor 12 Tahun 2012 tentang Pengendalian Penggunaan BBM melarang mobil pengangkut hasil tambang dan perkebunan menggunakan BBM Solar subsidi. Pasal 6 ayat (1) menegaskan tentang larangan tersebut.

Ilustrasi Kesuksesan. Sumber: unsplash.com

Tips Sukses ala Miliarder AS, Cuma Perlu Sifat Ini

Miliarder AS, Jay Chaudhry, menuturkan trik sederhana meraih kesuksesan karier dan finansial. Sifat ini yang mendorong Anda kerja keras tanpa Anda merasa tertekan. Simak

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024