6 Jus Sayuran Penurun Kolesterol Jahat Paling Ampuh, Mudah dan Murah

Kolesterol
Sumber :
  • Times of India

Jakarta, VIVA – Kadar kolesterol tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup serius. Pola hidup sehat jadi kunci, termasuk rutin mengonsumsi jus sayur.

Konsumsi Bawang Putih Sebelum Makan Siang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

Gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan seimbang kaya nutrisi berdampak signifikan terhadap kebugaran dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Pola makan sehat saja tak cukup, Anda juga perlu mengimbani dengan olahraga secara teratur.

Kolesterol sejatinya diperlukan dalam jumlah kecil untuk menunjang berbagai fungsi tubuh. Namun, menjadi berbahaya jika jumlahnya berlebihan. 

10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

Saat ini, paling banyak penyebab kadar kolesterol tinggi disumbangkan dari kebiasaan buruk sehari-hari yang justru disepelekan. Mulai dari mengonsumsi makanan berlemak, minuman manis hingga sedentary lifestyle (menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan layar laptop). 

Ilustrasi jus tomat

Photo :
  • pixabay/ Anilsharma26
Rahasia Jus Pakcoy untuk Menurunkan Berat Badan dan Bikin Kulit Glowing, Intip Resepnya!

Jika terus dibiarkan dan Anda tak segera merubah gaya hidup tersebut maka kolesterol sangat mungkin memicu penyakit yang lebih buruk, seperti penyakit jantung. Salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi jus buah dan sayuran. 

Dikutip dari Tribunne pada Senin (16/9/2024), beberapa jenis sayur ampuh bantu turunkan kadar kolesterol sekaligus mendukung fungsi jantung. Penasaran? Yuk scroll untuk informasi lebih lanjut!

1. Jus Tomat

Tomat kaya antioksidan, vitamin, kalium, dan serat. Sayuran berwarna merah cerah ini mengandung senyawa likopen yang terkenal dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL. 

Alhasil, minum jus tomat secara rutin di pagi hari menjadi pilihan baik untuk mengelola kolesterol. Bahkan, kandungan serat dalam tomat mampu menghilangkan kolesterol LDL lho.

2. Jus Bit

Ilustrasi Jus Buah Bit

Photo :
  • Freepik

Bit merupakan pilihan jus populer di kalangan healthy enthusiast karena kandungan nutrisinya yang kaya. Sayuran berwarna ungu ini tinggi serat, folat, mangan, kalium, zat besi, dan vitamin C.

Kandungan nitratnya yang tinggi sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti bit dapat menurunkan lemak makanan dan kolesterol tubuh.

3. Jus Wortel

Jus wortel tersohor karena khasiat supernya dalam menjaga dan mendukung kesehatan mata. Tak hanya itu, minum jus wortel setiap hari ternyata terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol.

Hal itu karena sayuran ini memiliki karotenoid seperti beta-karoten yang berkontribusi menurunkan kadarnya. Wortel juga diperkaya sederet nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, vitamin K1, kalium, dan antioksidan.

4. Jus Bayam

Jus hijau untuk diabetes

Photo :
  • Times of India

Konsumsi jus bayam secara rutin dinilai ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.  Bayam tinggi zat nitrat alami yang membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. 

Bayam juga mengandung serat, zat besi, vitamin A, dan antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein. Zat-zat tersebut bermanfaat terhadap kesehatan jantung.

5. Jus Fenugreek

Fenugreek dapat dimanfaatkan sebagai obat herba yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat. Fenugreek mengandung serat larut yang berperan menghambat produksi kolesterol sehingga membantu memperbaiki profil lipid.

Penelitian menunjukkan suplemen fenugreek dapat meningkatkan kesehatan jantung secara signifikan. Fenugreek mengandung banyak serat dan juga mengandung kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium.

6. Jus Pare

Meskipun bukan pilihan utama karena rasanya yang cenderung pahit, jus pare sangat efektif dalam menstabilkan kadar kolesterol. Jus ini kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin penting seperti C, A, dan E, serta kalsium dan zat besi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya