5 Olahraga Simpel Ini Bantu Turunkan Berat Badan, Bisa Dilakukan di Rumah!

Ilustrasi perut rata dari proses menurunkan berat badan.
Sumber :
  • Freepik: drobotdean

Jakarta, VIVA – Inilah daftar olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu menurunkan berat badan. Sebagaimana diketahui, tidak semua orang memiliki waktu atau kesempatan untuk pergi ke gym demi berolahraga.

Komitmen Bangun Ekosistem Olahraga di Indonesia

Untungnya, ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Olahraga di rumah tidak hanya praktis, tetapi juga bisa sangat efektif jika dilakukan secara rutin dan dengan teknik yang tepat. Beberapa latihan berikut dapat meningkatkan denyut jantung, membakar kalori, dan membangun kekuatan tubuh secara keseluruhan.

Konsumsi Bawang Putih Sebelum Makan Siang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

5 Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan 

Ilustrasi olahraga/push up.

Photo :
  • Pexels/Monstera
Tata Cara Lakukan Intermitten Fasting, Diet ala Marshanda yang Berhasil Pangkas BB 17 Kg

Melansir dari Times of India, berikut ini olahraga-olahraga sederhana dan bisa dilakukan di rumah untuk menurunkan berat badan:

1. Plank

Di urutan pertama, ada plank. Ini adalah latihan isometrik yang sangat efektif untuk mengencangkan otot inti. Dengan menahan posisi plank, Anda tidak hanya melibatkan otot perut, tetapi juga otot bahu, punggung, dan kaki. Latihan ini membantu meningkatkan stabilitas dan membakar kalori meskipun Anda terlihat diam di tempat.

2. Squats

Selanjutnya, ada squats yang merupakan latihan untuk menargetkan otot kaki dan bokong, serta dapat membantu membakar banyak kalori. Ketika dilakukan dengan benar, squats juga melibatkan otot inti, yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Variasi squats seperti jump squat juga dapat menambah intensitas latihan dan meningkatkan pembakaran kalori.

3. Jumping Jacks

Jumping jacks adalah latihan kardio sederhana yang dapat meningkatkan denyut jantung dengan cepat. Latihan ini melibatkan seluruh tubuh, mulai dari lengan hingga kaki, sehingga sangat efektif dalam membakar kalori dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular.  

4. Burpees

Burpees adalah latihan yang menggabungkan beberapa gerakan seperti squat, plank, dan lompatan. Ini adalah latihan yang sangat intensif dan efektif untuk membakar kalori dengan cepat. Selain itu, burpees juga membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. 

5. High Knees

Olahraga simpel lainnya yang bisa dilakukan di rumah yaitu high knees. Ini adalah latihan kardio yang fokus pada peningkatan denyut jantung dan pembakaran kalori. Latihan ini melibatkan gerakan lari di tempat dengan mengangkat lutut setinggi mungkin. Selain efektif untuk menurunkan berat badan, high knees juga membantu memperkuat otot kaki dan inti.

Itulah lima olahraga simpel yang bisa dilakukan di rumah. Melakukan latihan ini secara rutin, membuat Anda dapat mencapai penurunan berat badan yang signifikan meski hanya berolahraga di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya