Jalan Tol Porong Sidoarjo Segera Dibangun

Jalan Tol
Sumber :
  • bpjt.net

VIVAnews - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) akan ikut menggelontorkan dana sebesar Rp1,3 triliun untuk membangun ulang jalan tol yang tenggelam akibat Lumpur Sidoarjo.

Menurut Kepala PIP Soritaon Siregar, pengucuran dana ini sesegera mungkin dilakukan melalui PT Jasa Marga sehingga pembangunan jalan tol tersebut bisa segera terwujud.

MotoGP Mandalika 2024 Tak Pakai Pawang Hujan, Panitia: Kita Manusia Bertuhan

"Total panjang jalan yang akan dibangun diperkirakan sepanjang 17 kilometer," kata Soritaon di Kementerian Keuangan, Senin 2 Agustus 2010.
 
Selain proyek tersebut, kata dia, dana kelola PIP yang saat ini Rp5,24 triliun akan digunakan untuk investasi beberapa proyek.
 
"Nilai teralokasi sudah Rp1,638 triliun," kata dia.

Proyek-proyek tersebut antara lain untuk pembebasan lahan jalan tol sebesar Rp1,444 triliun, pembangunan bandara Kualanamu Medan Rp194,6 miliar dan pembangunan LPG Pressurized di Tanjung Sekong sebesar Rp50 miliar.

"Kami juga akan mencoba investasi di jalan tol JORR sektor W II di Jakarta Rp1,4 triliun," kata dia.

Di luar itu, PIP sedang melaksanakan penilaian kelayakan dan risiko beberapa proyek senilai Rp3,792 triliun yang antara lain berupa pendirian anak perusahaan PIP, yakni PT Indonesia Green Investment (persero) sebagai komitmen PIP dalam program climate change dengan nilai investmen Rp1 triliun.
 
Menurut Soritaon, PIP juga sedang menggarap proyek pembenahan situ gintung dan infrastruktur di Pariaman dengan dana sebensar Rp180 miliar.