Jelang Idul Fitri, KAI Beri Layanan Khusus Angkutan Barang

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan layanan perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB), untuk membantu masyarakat mengirimkan barang ke berbagai tujuan di Pulau Jawa menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Daop 4 Semarang Catat Jumlah Penumpang Kereta Api Tertinggi pada Hari H Natal 2024

Vice President Public Relations PT KAI, Joni Martinus menjelaskan, inisiatif ini merupakan respons perseroan agar tetap memberikan layanan yang optimal di tengah larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah, untuk memutus rantai penyebaran pandemi covid-19. 

Layanan perjalanan KLB ini akan mengangkut kiriman barang untuk berbagai segmen, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar dengan biaya yang menarik. Misalnya, pengiriman barang untuk relasi Madiun-Surabaya hanya Rp200 per kilogram, Jakarta-Surabaya Rp1.500 per kg. Adapun untuk setiap barang yang diangkut dikenakan  minimal 5 Kg.

KAI: 2,5 Juta Tiket Sudah Terjual di Libur Nataru

"Kami berharap layanan ini dapat membantu masyarakat berbagi kebahagiaan dengan handai taulan di kampung halaman di hari kemenangan, meskipun tidak dapat bertemu secara fisik," kata Joni dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 22 Mei 2020.

Pada layanan ini, KAI menyiapkan gerbong bagasi berkapasitas 20 ton agar masyarakat dapat mengirimkan barang dalam berbagai ukuran dengan mudah. Adapun stasiun yang melayani angkutan barang menggunakan KLB adalah Stasiun Jakarta Kota, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Surabaya Pasarturi.

KAI Sebut 40 Ribu Tiket Ludes Terjual pada Hari Raya Natal 2024, Keberangkatan dari Stasiun Gambir-Pasar Senen

"Tujuannya agar semakin banyak barang yang didistribusikan dengan kereta api, dimana angkutan barang dengan kereta api memiliki keunggulan berupa aman, tepat waktu, dan efisien," ujar Joni.

Masyarakat dapat mempercayakan pengiriman barangnya seperti dokumen, paket, produk industri, produk UMKM, e-commerce, makanan, sayur mayur, sepeda, motor, dan lain-lain kepada KAI. Sejak dibuka 12 Mei lalu, sudah 25 ton barang yang dikirimkan masyarakat melalui KLB per tanggal 19 Mei.

Rute yang menjadi favorit pengiriman adalah Jakarta-Surabaya, dengan volume barang kiriman mencapai 12.742 kg. Pada periode tersebut masyarakat sudah mengirimkan paket, makanan olahan, sepeda, motor, dan barang-barang lainnya menggunakan kereta api.

Dalam pelayanan angkutan barang menggunakan KLB ini, dia melanjutkan, KAI tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. KAI membekali petugas dan ruang kerja dengan masker, sarung tangan, hand sanitizer, thermo gun, dan wastafel portable sehingga kebersihan tetap terjaga.

Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, Joni memastikan layanan angkutan barang menggunakan KLB tersebut buka setiap harinya. "Meskipun ada cuti bersama dan libur Lebaran, KAI berkomitmen untuk tetap melayani angkutan barang melalui KLB," ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang angkutan barang melalui KLB, masyarakat dapat menghubungi Contact Center (021)121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya