Perbankan Diminta Prioritaskan UMKM dalam Restrukturisasi Kredit

UMKM Jos Gandos, Industri Rumah Tangga di Bantaran Sungai Jambangan
Sumber :
  • VIVAnews/Daurina

VIVA – Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad, mempertanyakan kebijakan kredit bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Terutama bagi mereka yang terkena dampak dari penyebaran virus corona .

Analisis Motivasi Konsumen UMKM Superdecor.id untuk Strategi Pemasaran

Kamrussamad meminta dua Bank BUMN yaitu BRI dan Bank Mandiri itu untuk memprioritaskan pembebasan bunga dan penundaan pembayaran pokok pinjaman bagi UMKM. Sebab, lanjut dia, saat ini nafas UMKM sangat pendek dan pasar mereka sebagian besar berhenti. Secara otomatis supply dan demand juga berhenti.

"Jadi selama ini UMKM merupakan komponen Penggerak ekonomi kerakyatan yang telah menyerap lapangan pekerjaan paling besar di semua klaster usaha atau bisnis di indonesia, semua klaster Harus diperhatikan terutama klaster mikro, klaster KUR, klaster ritel, klaster Konsumer, Dan klaster Korporasi," kata Kamrussamad kepada wartawan, Selasa 14 April 2020

Dirut BRI Siap Ikuti Arahan Pemerintah soal Restrukturisasi Kredit

Dua Bank BUMN itu, kata Kamrussamad, saatnya menunjukkan jati diri pro pelaku ekonomi kerakyatan sebagai lokomotif industri perbankan nasional yang selama ini, selalu prioritas menyetorkan laba ke pemegang saham. Haluan kemudi, lanjut dia, harus berubah arah sesuai POJK No. 11 tahun 2020. 

"Segera lakukan debirokratisasi terhadap proses pengajuan restrukturisasi. Bentuk tim khusus pelayanan, lakukan pembagian zonasi pelayanan dengan semua klaster debitur. Kami yakin dan percaya SDM dan infrakstutur yang dimiliki BRI & Bank Mandiri mampu bergerak cepat dan tepat," ujarnya.

Airlangga Ungkap Ketentuan Perpanjangan Restrukturisasi Kredit Usaha Rakyat

Kemudian, Kamrussamad juga mengingatkan, agar dua Bank BUMN ini juga berbuat untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Masyarakat harus merasakan manfaat dari adanya dua bank BUMN ini.

"Dua bank ini diminta untuk segera merealisasikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk masyarakat yang terdampak dari pandemic ini," ujarnya.

Suasana Angkringan 66

Semangat UMKM, Semangat Angkringan 66

Studi ini menganalisis motivasi dan emosi pelanggan Angkringan 66, mengungkap peran harga, suasana, dan pengalaman sosial dalam membentuk loyalitas pelanggan.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2024