Ekspor Tembus Rp12 Triliun, Industri Kerajinan Makin Kompetitif

IKM kerajinan difasilitasi tembus pasar Eropa
Sumber :
  • Kemenperin

VIVA – Industri kerajinan merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Kontribusi terhadap devisa melalui capaian ekspor produknya pada 2019 mencapai US$892 juta (sekitar Rp12,48 triliun), naik 2,5 persen dari perolehan 2018 sebesar US$870 juta.

Bea Cukai Kementerian Keuangan Resmikan Pemberlakuan 10 Alat Pemindai Peti Kemas di Pelabuhan Tanjung Priok

“Melihat potensi industri kerajinan nasional tersebut, kami optimistis nilai eskpor produknya akan semakin meningkat seiring adanya perbaikan mulai dari aspek kualitas produk sampai pada segi desain dan kemasan,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, di Jakarta, dalam keterangan tertulis yang dikutip Sabtu 14 Maret 2020.

Dirjen IKMA menegaskan, kekuatan Indonesia dalam upaya pengembangan industri kerajinan yang bisa berdaya saing, juga didukung melalui kekayaan sumber daya alam dan budaya serta ketersediaan perajin yang terampil. Kondisi ini membuat produk kriya nasional mampu kompetitif di kancah domestik hingga global.

Bea Cukai Banten Terbitkan Izin Kawasan Berikat Baru

Apalagi, ditopang dengan pemanfaatan teknologi terkini, yang sejalan dengan penerapan Making Indonesia 4.0 dalam kesiapan memasuki era industri 4.0. Jadi, tidak hanya untuk industri skala besar, tetapi juga industri kecil dan menengah. 

Kemenperin pun memiliki kegiatan workshop e-Smart IKM serta program restrukturisasi mesin dan peralatan produksi.

Ekspor Batu Bara dan Besi-Baja RI Moncer di November 2024, CPO dan Turunannya Anjlok

Gati menambahkan, Kemenperin ingin mewujudkan Indonesia menjadi salah satu produsen kerajinan terbesar di dunia. "Tentunya, untuk mencapai target tersebut, diperlukan kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak, termasuk Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas),” tuturnya.

Guna memberikan ruang bagi perajin Indonesia untuk mempromosikan produk kriya unggulannya, Dekranas kembali menggelar pameran dan bazar yang menampilkan produk-produk kerajinan khas Indonesia. Ajang yang juga diapresiasi oleh Kemenperin ini diselenggarakan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 Dekranas.

Ketua Panitia Syukuran HUT ke-40 Dekranas, Yantie Airlangga menyampaikan, gelaran pameran dan bazar tahun ini memilih Pulau Madura sebagai ikon. Hal ini mengingat Pulau Madura sebagai salah satu penghasil batik potensial, yang merupakan warisan budaya bangsa dan tinggi nilainya. 

“Adapun tagline yang dipilih adalah Aku Cinta Kriya Indonesia. Dengan mencintai Kriya Indonesia, kita mau membeli dan memakai kriya Indonesia,” ujarnya.

Indofood

Indomie Sejumlah Rasa Ditarik dari Peredaran di Australia, Indofood Buka Suara

Corporate Secretary PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), Gideon Putro memastikan, mi instan yang ditarik itu bukan diekspor secara resmi ke Australia.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2024