Resmi, Gojek Beli Saham Blue Bird
- vivanews/Andry
VIVA – PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, perusahaan pengelola aplikasi Gojek, resmi membeli saham PT Blue Bird Tbk (BIRD). Pembelian saham pada harga Rp3.800 per unit itu dilakukan pada 13 Februari 2020.
Pembelian saham ini menjadikan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa menjadi salah satu pemegang saham minoritas. Kepemilikan saham Blue Bird oleh PT Pusaka Citra Djokosoetono masih tercatat sebagai pemegang saham pengendali dengan kepemilikan 31,51 persen.
"Kami menyambut baik ketertarikan dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa untuk melakukan investasi melalui pembelian saham BIRD," kata Noni Purnomo, direktur utama Blue Bird dikutip dari keterangan tertulis yang disampaikan kepada PT Bursa Efek Indonesia, Jumat 21 Februari 2020.
Melalui kerja sama ini, selain memperkuat kolaborasi yang sudah terjalin sebelumnya, GoPay
akan mengimplementasikan kode QRIS sebagai salah satu metode pembayaran di taksi Bluebird. Kehadiran GoPay juga akan terintegrasi ke dalam aplikasi MyBluebird.
Menurut Noni, bergabungnya PT Aplikasi Karya Anak Bangsa sebagai salah satu pemegang saham menunjukkan bahwa Blue Bird sebagai penyedia transportasi merupakan mitra strategis. Blue Bird juga yakin langkah ini akan semakin memperkuat kolaborasi antara kedua perusahaan, sekaligus mendukung usaha perusahaan untuk konsisten meningkatkan layanan Bluebird terhadap konsumen.
Direktur Utama dari Blue Bird Group Holding, Kresna Djokosoetono, menambahkan, perseroan juga menaruh kepercayaan terhadap PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, yang terwujud melalui pembelian saham di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.
Sementara itu, Co-Chief Executive Officer (CEO) PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, Andre Soelistyo, menuturkan, Gojek merupakan salah satu layanan platform terbesar untuk konsumen di Asia Tenggara. Hal tersebut tidak dapat dicapai tanpa mitra kuat yang memungkinkan perseroan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
"Peningkatan kerja sama dengan Bluebird merupakan bukti nyata untuk hal ini dan memungkinkan kami untuk meningkatkan dua layanan utama kami di Indonesia, yaitu pembayaran dan transportasi,” ujarnya.