Pengguna Angkutan Umum Masih Minim, Hanya 32 Persen

MRT Jakarta (Moda Raya Terpadu Jakarta)
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menegaskan, pihaknya akan berupaya meningkatkan jumlah pengguna angkutan umum. Saat ini pengguna kendaraan umum masih rendah hanya sekitar 32 persen. 

Dorong Warga Beralih ke Transportasi Umum, Pramono Bakal Bangun Sistem Ride and Park Tiap 500 Meter di Jakarta

Hal itu diutarakannya dalam rapat koordinasi pembahasan Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Transportasi Perkotaan di wilayah Jabodetabek Tahun 2020-2024, yang digelar oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek.

"Kita memang melihat bahwa jumlah pengguna angkutan umum di Jakarta masih belum banyak, tercatat masih 32 persen," kata Budi Karya di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa 4 Februari 2020.

Dharma Pongrekun Mau Buat Teknologi Tanpa Lampu Merah untuk Kurangi Kemacetan Jakarta

"Sementara negara-negara maju seperti Singapura dan Jepang itu 50 persen sampai 60 persen. Tentu itu harapan kita menjadi satu tujuan," ujarnya.

Di wilayah Jabodetabek, Budi Karya mengakui bahwa 32 persen pengguna transportasi umum didominasi oleh para milenial dan kalangan 'emak-emak', yang menurutnya justru lebih aspiratif dibandingkan masyarakat yang masih menggunakan kendaraan pribadi.

Dorong Inovasi Transportasi di RI, Produsen Kendaraan asal Italia Luncurkan Iveco T-way

"Karena para milenial dan emak-emak ini adalah pengguna transportasi umum, maka baiknya harus ada suatu dukungan," ujar Budi Karya.

Karena itu, dengan melihat begitu besarnya Jakarta dan kota-kota sekitarnya, maka diperlukan suatu sistem dan rencana eksklusif, baik langkah-langkah kecil yang dilakukan maupun langkah besar yang harus dikerjakan, guna meningkatkan sektor transportasi.

Beroperasinya MRT dan dibangunnya LRT diharapkan menjadi salah satu solusi utama dari masalah ketidakefisienan mobilitas warga di suatu kota akibat buruknya transportasi publik.

"Dengan adanya MRT dan dibangunnya LRT, hal itu menandai angkutan massal menjadi suatu solusi. Angkutan massal adalah suatu keniscayaan yang harus kita bangun," kata Budi Karya.

"Apa yang sudah dilakukan itu adalah membentuk suatu efisiensi atau menghilangkan ketidakefisienan (mobilitas), pada pergerakan yang ada di kota ini," ujarnya.

Membahas Permasalahan Kelas Menengah di Jakarta

Membahas Permasalahan Kelas Menengah di Jakarta

Salah satu isu yang menjadi pokok diskusi adalah penetrasi transportasi massal Transjakarta yang menjadi andalan 1,3 juta warga Jakarta untuk mobilisasi.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2024