Logo WARTAEKONOMI

Ini Nasihat Jeff Bezos pada Pebisnis Pemula

Jeff Bezos Beri Nasihat Kepada Pebisnis Pemula. (FOTO: Reuters/Lindsey Wasson)
Jeff Bezos Beri Nasihat Kepada Pebisnis Pemula. (FOTO: Reuters/Lindsey Wasson)
Sumber :
  • wartaekonomi

Pengalaman adalah guru terbaik memang benar adanya. Maka, tak salah ketika kita mendengarkan nasihat bagi mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman seperti miliarder terkaya di dunia yakni Jeff Bezos. Ia pun memiliki pesan bagi pengusaha pemula. Pesannya adalah bersiap untuk mengambil risiko besar dan gagal saat memulai bisnis.

"Ambil risiko. Anda harus mau mengambil risiko. Jika memiliki ide bisnis tanpa risiko, itu mungkin sudah dilakukan, Kamu harus memiliki sesuatu yang mungkin tidak berhasil. Dalam banyak hal, ini akan menjadi eksperimen," ujar Bezos, seperti melansir laman Enterpreneur.com beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ketika memulai menapaki bisnis akan banyak uji coba di awal bisnis yang gagal. Namun kegagalan besar dikatakan adalah bagian penting dari perjalanan menuju kesuksesan.

Baca Juga: Tajir Banget Bos! Ini 11 Fakta Mengejutkan tentang Jeff Bezos

"Kami mengambil risiko setiap saat, kami berbicara tentang kegagalan, Kita perlu kegagalan besar untuk menggerakkan jarum. Jika tidak, kita tidak cukup berayun. Kamu benar-benar harus berayun keras, dan kamu akan gagal, tapi tidak apa-apa," ujarnya.

Ia pun mengenang kisahnya saat mendirikan Amazon pada tahun 1995. Saat itu ia hanya memiliki 10 karyawan. Namun lihatlah sekarang, kini ia mampu mengubahnya menjadi salah satu perusahaan publik paling berharga di dunia.

Bahkan Amazon memiliki nilai kapitalisasi pasar hampir USD860 miliar atau Rp11,7 kuadriliun (USD 1= Rp 13.608).

Pesan lain dari sosok idola banyak orang ini adalah selain berani mengambil risiko dan gagal, pengusaha juga harus bersemangat. Karena, dalam mendirikan bisnis tentunya akan mengalami persaingan. "Kamu akan bersaing dengan mereka yang bersemangat," tambahnya.

Tak hanya itu, seorang pengusaha juga harus terobsesi dengan pelanggan. Yakni hal yang paling penting adalah memuaskan pelanggan dengan menyenangkannya.