Menlu Pastikan Tak Ada WNI Terjangkit Virus Corona

Menlu Retno Marsudi.
Sumber :
  • VIVAnews/Dinia Adrianjara

VIVA – Pemerintah memastikan hingga kini tidak ada warga negara Indonesia di luar negeri yang terjangkit wabah virus Corona. Virus misterius yang semula teridentifikasi di Wuhan, Provinsi Hubei, China tersebut saat ini mulai menyebar ke berbagai negara.

Dapat Restu Jokowi dan Prabowo, Menlu Retno Jadi Utusan Khusus Sekjen PBB Pertama dari Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan telah berkomunikasi dengan Duta Besar RI di Beijing mengenai masalah penyebaran virus tersebut dan keberadaan WNI di sana. Berdasarkan data KBRI Beijing, mahasiswa Indonesia di Wuhan dan sekitarnya sebanyak 428 orang, di Beijing 1.280 orang dan di Shanghai sebanyak 849 orang.

"Sebanyak 90 persen mahasiswa yang ada di Wuhan dan sekitarnya sudah kembali ke Indonesia, karena libur Lunar New Year sampai pertengahan Februari. Pihak KBRI sudah mendapatkan data kapan mereka masuk kuliah, dan terus melakukan koordinasi dengan pihak universitas masing-masing," kata Retno kepada wartawan di Gedung Kemlu, Jakarta Pusat, Kamis 23 Januari 2020.

Petinggi Gerindra Diisukan Gantikan Retno Marsudi Jadi Menlu, Begini Respons DPR

Komite Kesehatan Kota Wuhan terus melakukan penelitian dan pengawasan ketat terhadap berjangkitnya penyakit pneumonia dan melakukan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit. KBRI Beijing telah mengimbau kepada masyarakat Indonesia di wilayah Tiongkok, untuk mengikuti instruksi otoritas setempat.

Dalam keterangan KBRI Beijing, WNI yang berada di Wuhan atau sedang melakukan perjalanan ke Wuhan diimbau memperhatikan kondisi kesehatan dan melakukan konsultasi medis bila merasa tidak sehat atau menunjukkan gejala demam, batuk dan sulit bernafas.

Marsudi HInts at Not Serving as Foreign Minister Under Prabowo-Gibran Era

Warga Indonesia juga diimbau menghindari kontak dengan hewan seperti unggas dan burung, menghindari berkunjung ke pasar ikan atau makanan laut, menghindari berinteraksi dengan orang dengan gejala pneumonia dan menjaga higienitas diri.

Menlu RI Retno Marsudi di Sidang Dewan HAM PBB, Jenewa, Swiss

Retno Marsudi Appointed as First Indonesian Special Envoy of UNSG

Foreign Minister Retno Marsudi underlined that her role as United Nations Secretary-General (UNSG) Antonio Guterres' special envoy for water affairs.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024