Mangga Arumanis hingga Kopi Instan Jadi Produk Laris RI di Rusia

Mangga arumanis tembus pasar Rusia
Sumber :
  • KBRI Moskow

VIVA – Ekspor produk makanan dan minuman buatan dalam negeri menjadi jurus andalan bagi Indonesia, untuk memetik manisnya hubungan bilateral dengan Rusia. Terbukti, beberapa produk asal Indonesia, mulai digandrungi konsumen di Negeri Beruang Merah itu, seperti mangga arumanis, kopi instan, dan mie instan.

Harga Emas Hari Ini 23 November 2024: Produk Antam Kinclong di Akhir Pekan

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Rusia, M. Wahid Supriyadi, produk-produk itu ternyata sudah cukup kompetitif di negara tersebut. Harganya pun, bila disandingkan dengan kurs rupiah, termasuk "wow".

Contohnya, satu bungkus Torabika Cappuccino isi 20 sachet dihargai 219 rubel (sekitar 50 ribu rupiah). Sedangkan satu buah mangga arumanis standar, harganya 320 rubel (70.500 rupiah), satu mie gelas (pop mie) 80 rubel (17.500 rupiah), dan satu bungkus mie goreng 50 rubel (11 ribu rupiah).  

Pupuk Kaltim Tegaskan Penerapan SNI Tingkatkan Daya Saing Perusahaan

Antusiasme publik Rusia atas kopi instan asal Indonesia pun cukup mengejutkan. Kopi Torabika Cappuccino telah hadir di 78 wilayah Rusia, dari Kaliningrad di ujung barat hingga Vladivostok di ujung timur jauh Rusia. Lalu, pada pada 2018, PT Mayora Indah Tbk, berhasil mengekspor 1.000 kontainer ke Rusia.

Itu sebabnya, Pemerintah Indonesia antusias mempromosikan produk-produk nasional di pasar Rusia. “Kita ingin lebih banyak lagi produk Indonesia masuk di pasar Rusia, dan restoran dapat dijadikan salah satu pintu masuk produk makanan Indonesia di pasar Rusia,” kata Dubes Wahid, seperti yang disiarkan KBRI Moskow hari ini. 

2 Orang Promosikan Judi Online ke Influencer Lewat 'Gift' Ditangkap

Menurut Wahid, KBRI Moskow terus berupaya melakukan promosi produk Indonesia di Rusia, baik melalui forum bisnis, pameran, maupun festival Indonesia. Promosi produk dipadukan juga dengan promosi seni budaya, seperti yang dilakukan pada 19-21 September lalu, di salah satu jaringan hypermarket terbesar “Auchan” di Pusat Perbelanjaan Europark, Moskow.

Pada acara tersebut, KBRI Moskow bekerja sama dengan distributor kopi siap saji produk PT Mayora Indah di Rusia, untuk pertama kalinya menyelengarakan “in store promotion” kopi instant Torabika Cappuccino.

Pengunjung disuguhi sajian kopi sambil menyaksikan pertunjukan budaya Tim Kesenian KBRI Moskow “Kirana Nusantara Dance”, yang mempersembahkan berbagai tarian daerah Indonesia dan tarian kontemporer kreasi baru, serta permainan alat musik rebab. 

Pentas Tari khas Indonesia di suatu pusat perbelanjaan di Moskow Rusia

Tidak sedikit pengunjung yang membeli kopi Torabika setelah mengetahui dan mencobanya. Grigory Shain, distributor kopi Torabika di Rusia, mengatakan promosi bersama dengan dukungan KBRI Moskow, membangun jembatan produk dan budaya Indonesia di Rusia. 

Kerja sama ini menjadi dasar bagi ekspansi dan pertumbuhan penjualan kopi Torabika di masa depan dan diharapkan pertumbuhan penjualan hingga akhir tahun 2019 mencapai 31 persen.

"Segmen Cappuccino dengan Torabika Cappuccino sebagai merek terkemuka menjadi pendorong pertumbuhan utama untuk kategori kopi campuran. Peluncuran Torabika Macchiato akan memungkinkan kelompok konsumen yang lebih luas untuk menikmati produk kopi Indonesia berkualitas tinggi dan sempurna," kata Grigory.

Menurut Wahid, Festival Indonesia yang sudah empat kali diselenggarakan di Moskow sejak tahun 2016 berdampak besar pada masuknya produk-produk Indonesia ke pasar Rusia. Seorang pengusaha Rusia, Yuri Pavlov, bahkan berani membuka dua kafe sekaligus, dengan menyajkan menu Indonesia bernama Yuva Cafe di Moskow dan St. Petersburg.

Pada 2016, pemilik Yuva Kafe telah mendirikan Restoran Kutabar di St. Petersburg yang namanya terinspirasi oleh tradisi dan budaya Indonesia, khususnya Bali. KBRI Moskow mendukung dan memberikan pelatihan memasak kepada para juru masak Yuva Cafe di Wisma Indonesia, khususnya untuk menu sate, nasi goreng, mie goreng, gado-gado dan pisang goreng.

Menu Taste of The World McDonald's 2022.

Bisnis Lokal di Berbagai Negara Dapat Angin Segar Imbas Masifnya Boikot Produk Terafiliasi Israel

Aksi boikot terhadap berbagai produk dari perusahaan yang terindikasi memberikan dukungan untuk Israel jadi angin segar untuk bisnis lokal dengan produk sejenis tumbuh.

img_title
VIVA.co.id
26 November 2024