Pelni Tagetkan Layanan Check-in Mandiri di 45 Pelabuhan Pada 2020
- Dokumentasi Pelni.
VIVA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni merayakan Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2019 dengan melakukan sosialisasi layanan check-in mandiri di terminal penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta, hari ini.
Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro menjelaskan, layanan check-in mandiri merupakan peningkatan layanan yang ditujukan untuk mempercepat proses embarkasi penumpang di terminal keberangkatan. Layanan tersebut kini sudah ada pada pelabuhan di tujuh kota di Indonesia.
"Dalam sekali keberangkatan, kapal Pelni bisa memproses check-in hingga seribuan penumpang, dan ini memakan waktu. Karena itu, untuk mempercepat proses check-in, selain dibantu petugas di konter, penumpang bisa mencetak sendiri boarding pass di mesin check-in mandiri," ujarnya Yahya dikutip dari keterangannya, Rabu 4 September 2019.
Sementara itu, sosialisasi layanan check-in mandiri di terminal penumpang Makassar dilakukan oleh Vice President PT Pelni Sukendra dan Kepala Cabang Pelni Makassar Ridwan Mandaliko.
Sukendra mengatakan, layanan check-in mandiri saat ini sudah ada di tujuh kota. yaitu Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Ambon, dan Bitung.
"Target kami, di akhir semester 1 2020, layanan check-in mandiri sudah bisa dirasakan seluruh penumpang kami di 45 pelabuhan yang melayani kapal Pelni di Indonesia," ungkapnya.
Dia menambahkan, layanan check-in mandiri merupakan kelanjutan program digitalisasi layanan PT Pelni sejak meluncurkan aplikasi booking tiket, Pelni Mobile Apps di tahun 2018. Digitalisasi layanan juga dilengkapi dengan pembelian dan pembayaran tiket yang bisa dilakukan di seluruh ATM BRI, dan tenant Alfamart dan Indomaret se-Indonesia.