Gangguan Sistem TI di Soetta, Tiga Penerbangan Internasional Delay
- Istimewa.
VIVA – Sejumlah penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mengalami keterlambatan akibat gangguan pada sistem teknologi informasi (TI) di Terminal 3 pada dini hari pukul 03.30 WIB, Jumat, 23 Agustus 2019.
Hal itu, karena sistem check-in yang seharusnya dilakukan oleh para calon penumpang secara online, terpaksa dilakukan secara manual, hingga proses tersebut memakan waktu cukup lama dan menyebabkan antrean panjang.
"Ada tiga penerbangan yang delay, tujuannya Hong Kong, Singapura dan Jepang. Keterlambatan itu terjadi sekitar 45 sampai 60 menit," kata Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang.
Dengan kejadian tersebut, pihak Angkasa Pura II juga melakukan koordinasi dengan maskapai terkait untuk membantu memberikan informasi soal gangguan, dan layanan tambahan terkait dengan keterlambatan penerbangan.
"Kami lakukan koordinasi dengan maskapai soal gangguan ini supaya para calon penumpang dapat teratasi dan terlayani dengan baik," ujarnya.
Pada pukul 04.50 WIB, seluruh layanan sistem TI sudah kembali pulih khusus di wilayah terdampak yang island A, B, dan C. Begitu pun dengan para calon penumpang yang kembali terlayani dengan baik. Terganggunya sistem tersebut setelah adanya kegagalan fungsi pada saat melakukan proses peralihan sistem.