Kelakuan Orang Indonesia, Demi YouTube Rela Kuras Kuota

Media Gatehring Smartfren 2018
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Kebanyakan orang Indonesia masih menggunakan YouTube sebagai sarana streaming hingga menghabiskan setengah kuota internet per bulannya. Situs ini masih lebih banyak diakses dibandingkan aplikasi streaming lain seperti Joox dan Livescope. 

Dangdut Digital, Revolusi Cara Menikmati Musik Rakyat Indonesia

Head of Customer Experience and Analytics Smartfren, Sharizan Zaki mengungkapkan, pengguna Smartfren yang mencapai 12 juta paling suka streaming video di YouTube. Bahkan mereka rela menghabiskan kuota internet demi bisa terus streaming YouTube. 
 
"Kalau YouTube itu ditotal trafik Smartfren itu sekitar 40-50 persen. Kalau YouTube di operator-operator lain juga yang paling gede," jelasnya ditemui VIVA, Kamis 8 Februari 2018. 

Zaki menjelaskan, penggunaan YouTube lebih banyak 2 hingga 3 kali dibanding menggunakan aplikasi streaming seperti Joox, live streaming dan lainnya. Sedangkan media sosial menjadi pemakaian terbanyak pengguna Smartfren.

Baim Wong Pamit dari YouTube, Nasib Karyawan Jadi Sorotan

"Kalau sosial media Instagram Facebook gitu dari 20 hingga 30 persen pengguna internet," ujarnya.

Ilustrasi video streaming di YouTube.

Cakra Khan Rilis Video Klip Lagu 'Sehebat Apapun Cinta', Kisahnya Menyentuh

Smartfren mulai mendata kebiasaan penggunanya dalam berinternet dalam sistem yang bernama Customer Experience Management (CEMS) sejak 2016. Salah satunya adalah pada akhir 2017, 90 persen pengguna Smartfren tersebut menggunakan data 1 hingga 8 GB per bulannya. Dengan rata-rata penggunanya menghabiskan 5 GB selama satu bulan. 

Dalam analisis tersebut juga terlihat pengguna paling sedikit menggunakan kuota internet 1 GB dan terbanyaknya mencapai 30 GB.

Ade Irwan S, atau yang lebih dikenal di media sosial sebagai AD REVIEW

Maksimalkan Kesempatan Bersama Shopee: Pengalaman AD REVIEW Menghasilkan Pendapatan dari YouTube Shopping Affiliates

Perjalanan sukses Ade Irwan S, atau yang lebih dikenal di media sosial sebagai AD REVIEW, dalam memanfaatkan peluang YouTube Shopping Affiliates.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2024