Misteri Asal Usul Hantu Muka Rata

Ilustrasi hantu muka rata
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ada banyak sekali legenda yang beredar di Indonesia, salah satunya yaitu hantu muka rata yang berasal dari Jawa Barat dan Jakarta. Hantu ini dinamakan demikian, karena memang hantu ini memiliki muka rata alias tidak memiliki hidung, mata maupun mulut. Tidak terbayangkan bagaimana seramnya penampakan hantu ini.

Hantu ini dipercaya merupakan sosok makhluk penjelmaan dari makhluk gaib, namun dipercaya ia adalah seorang manusia yang meninggal dengan sadis, baik karena di bunuh atau kecelakaan. Oleh karena itu arwahnya menjadi penasaran lalu bergentayangan.

Hantu ini sering menampakkan wujudnya kepada manusia dengan tujuan untuk menakut-nakuti manusia. Banyak masyarakat yang mengatakan jika hantu ini sering menampakkan diri kepada pedagang keliling saat malam hari. Seperti tukang sate, bakso, maupun tukang gorengan.

Hantu ini biasanya menakut-nakuti mangsanya dengan cara berpura-pura membeli dagangan pedagang. Saat memalingkan mukanya kepada pedagang, maka sontak para pedagang akan lati ketakutan karena melihat muka pembelinya berbentuk rata.

Saking terkenalnya cerita hantu ini, maka beberapa produser mengangkatnya dalam sebuah film. Referensi terhadap hantu tersebut di ambil berdasarkan penuturan para masyarakat yang mengaku pernah melihatnya.

Menurut ceritanya, hantu ini biasa muncul jika sudah terjadi sebuah kecelakaan atau pun pembunuhan. Contohnya saja pada saat kejadian kecelakaan kereta api Bintaro yang sempat heboh beberapa waktu lalu. Ada banyak pedagang maupun masyarakat yang mengaku melihat hantu muka rata itu.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.