4 Teknik Marketing dengan Budget Terbatas, Berani Coba?

Marketing dengan budget minim
Sumber :
  • vstory

VIVA – Di awal membangun bisnis, biasanya para pelaku bisnis akan mengatur budget seminimal mungkin untuk hasil terbaik. Pada umumnya, biaya marketing menjadi biaya utama yang akan dihilangkan. Padahal tanpa adanya strategi marketing, bisnis Anda bisa jadi tidak berkembang. Mengapa?

Tentu saja karena mengenalkan bisnis baru tidak bisa tanpa adanya promosi. Lalu bagaimana jika dana yang dimiliki terbatas?Saat ini banyak strategi pemasaran yang bisa dilakukan tanpa anggaran yang besar. Pada artikel ini kita akan mengetahui strategi marketing yang bisa diterapkan tanpa menguras anggaran.

Buat Konten Terbaik

Cara marketing paling ampuh saat ini yaitu dengan membuat konter terbaik. Seperti yang sudah diketahui bahwa konten yang baik akan memberi pengaruh besar dalam dunia SEO. Semakin baik konten yang dibuat akan semakin besar kemungkinan website Anda muncul di urutan teratas daftar pencarian Google.

Seberapa sering website Anda muncul di halaman pertama pencarian, maka kemungkinan semakin besar calon konsumen akan didapatkan. Pastikan Anda melakukan posting konten yang sesuai dengan minat audiens secara teratur. Seperti yang dilakukan brand minuman kekinian Ruang Rindu, brand ini juga memanfaatkan website untuk memerkenalkan produk mereka dengan konsep yang menarik.

Daur Ulang Konten Lama

Jika belum menemukan konter terbaru, demi meningkatkan marketing bisnis Anda bisa juga mendaur ulang konten lama. Jika Anda sudah memiliki blog yang aktif, Anda bisa melakukan daur ulang konten lama. Ada kemungkinan pembaca belum pernah melihat artikel lama Anda, terutama pengunjung baru.

Kemas konten lama dengan lebih baik, misalnya dengan mengubah kumpulan postingan blog menjadi e-book, atau merekam tutorial video berdasarkan salah satu postingan blog lama Anda. Hal ini dinilai efektif dan memudahkan Anda saat mulai kehabisan ide konten baru.

Gunakan Teknik Infografis

Infografis adalah apa yang akan Anda tunjukkan untuk calon konsumen. infografis yang baik memiliki sifat eye catching, mudah dicerna, dan memberikan manfaat untuk banyak orang. Hal ini akan membuat audience dengan suka rela membagikan konten Anda.

Untuk itu, Anda perlu menghindari membuat desain dengan asal-asalan. Sebagai pemula yang belum memiliki skill dalam bidang design, Anda bisa menggunakan layanan murah seperti info.gram atau visual.ly untuk mendapat inspirasi. Anda juga bisa menggunakan canva.com sebagai aplikasi bantuan untuk membuat desain dengan mudah.

Mulai dengan Email Marketing

Cara ini rupanya cukup efektif untuk tetap berhubungan dengan orang lain. Cara ini juga bagus untuk mendapat pengunjung lain yang bisa menjadi calon konsumen Anda. Hal ini erat kaitannya dengan kebiasaan masyarakat menggunakan email untuk berkomunikasi.

Jika perusahaan Anda enggan membiayai pengelolaan email untuk promosi, kini ada banyak email yang menawarkan pilihan gratis untuk bisnis dengan daftar list email dan kuota yang lebih kecil.

 

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.