6 Khasiat Kentang, Makanan Alternatif Program Diet

Kentang
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kentang merupakan salah satu tanaman tahunan yang paling banyak ditanam di seluruh dunia. Kentang termasuk dari golongan herba semusim (tanaman pendek tidak berkayu, dan cocok untuk ditanam di dataran tinggi serta di daerah yang beriklim tropis.

Kentang ini bisa diolah menjadi bermacam-macam bentuk mulai dari diiris biasa saja hingga bisa dijadikan roti. Khasiat kentang dalam program diet manusia sudah tak diragukan lagi. Bahkan, yang sakitpun dianjurkan mengonsumsinya seperti sakit diabetes karena kandungan gulanya lebih rendah ketimbang nasi.

Bagian kentang yang dimanfaatkan manusia untuk dimakan yaitu umbi batangnya. Penduduk Eropa dan Amerika memanfaatkan kentang sebagai makanan pokok. Namun sekarang ini, banyak orang yang memanfaatkan kentang sebagai makanan alternatif untuk program diet.

Kentang memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan nasi, karena memiliki kandungan protein dan mineral yang lengkap. Kentang apabila dikonsumsi dengan kulitnya (dibersihkan dengan benar), masuk dalam kategori karbohidrat kompleks.

Kentang dapat memberikan Anda kepuasan yang tinggi setelah memakannya. Hal ini tentu membuat Anda kenyang lebih lama dan lebih bisa mengontrol nafsu makan. Kentang juga mengandung proteinase inhibitor yang dapat menekan nafsu makan Anda.

Kentang mengandung serat. Serat dipercaya dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan Anda lebih terkontrol dan asupan makan Anda lebih sedikit. Selain itu, kandungan serat dalam kentang juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Apa saja khasiat kentang ini dalam program diet khususnya ?

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.