Tampil Beda, Budi Gunawan Pakai Topi Jenderal Bintang 4 di Retreat Kabinet Merah Putih

Jajaran Kabinet Merah Putih pakai seragam loreng Komcad di Akmil Magelang
Sumber :
  • Dok Tim Prabowo

Magelang, VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan tampil beda saat mengikuti pembekalan Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah Jumat, 25 Oktober 2024.

Dalam foto yang diterima VIVA, tampak mantan Kepala BIN tersebut mengenakan seragam Komponen Cadangan (Komcad) TNI sama seperti para menteri lain, termasuk Presiden Prabowo Subianto.

Namun, topi yang digunakan Budi Gunawan berbeda dari yang lain. Pada topi itu terlihat pangkat jenderal bintang 4 yang merupakan pangkat terakhirnya sebelum pensiun pada 2018 silam saat berusia 58 tahun.

Budi Gunawan pakai topi jendera bintang 4

Photo :
  • Istimewa

Dalam foto itu juga terlihat sejumlah purnawirawan TNI-Polri, seperti Eks Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman, eks Kapolri, Tito Karnavian, Eks Pangkostrad, Wiranto dan, eks Danjen Kopassus, Lodewijk Freidrich Paulus.

Sejumlah nama purnawirawan TNI-Polri di atas hanya mengenakan topi loreng polos, senada dengan yang dipakai Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming.

Meski demikian, Budi Gunawan tampak membaur dengan para menteri Kabinet Merah Putih. Mantan Ajudan Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri itu terlihat dihimpit oleh Menteri ESDM, Bahlil Lahadalia, dan Wamen Kebudayaan, Giring Nidji.

Sebagai informasi, pada hari pertama pembekalan Retreat Kabinet Merah Putih, Presiden Prabowo menyampaikan seputar keberlanjutan hilirisasi, swasembada pangan, hingga energi.

Selain itu, Prabowo juga menyampaikan kepada jajaran kabinet untuk jangan mau didikte oleh kepentingan asing dalam setiap tahap pembangunan nasional. 

Presiden Prabowo Subianto memimpin retreat hari pertama di Akmil Magelang

Photo :
  • Dok. Tim Prabowo

Pembukaan kegiatan berlangsung di ruang terbuka kompleks Akmil Magelang yang menghadirkan para menteri, wakil menteri, kepala badan, utusan khusus, hingga penasihat khusus presiden.

Kegiatan tersebut berlangsung sekitar 4,5 jam hingga memasuki jeda salat Jumat berjemaah di tenda dome lingkungan Akmil.