Viral Seorang Pria Berusia Ratusan Tahun Ditemukan Hidup di Goa India

Pria tua India
Sumber :
  • Twitter

India, VIVA - Viral seorang pria berusia ratusan tahun ditemukan hidup di sebuah goa di India. Sebuah video singkat yang beredar di media sosial menunjukkan lelaki sepuh yang dituntun oleh dua orang pria berjalan menggunakan tongkat.

Terlihat kakek tua itu berjenggot putih, rambut botak atas, dan berpostur kurus kering dengan pakaian minim. Badannya pun sudah membungkuk dan tampak rapuh saat melangkahkan kaki.

Ilustrasi air karst di sebuah goa.

Photo :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

Diduga pria tersebut sudah berusia 188 tahun dan diklaim ditemukan di sebuah goa. Adapun video viral itu diunggah lewat akun Twitter @BGatesIsaPyscho pada Kamis 3 Oktober 2024.

"Pria India ini baru saja ditemukan di sebuah gua. Diduga dia berusia 188 tahun. Gila," cuit akun tersebut.

Namun kebenaran akan klaim tersebut belum dapat dipastikan secara lanjut. Dalam laporan Snopes, pria di video itu sejatinya tidak berusia 188 tahun meski sejauh ini juga belum tahu pasti usia sosok yang dimaksud.

Masih melansir dari sumber yang sama, pria tua tersebut disinyali merupakan seorang lelaki tua India yang sempat terdata. Nama sosok yang dimaksud adalah Siyaram Baba yang masih berusia sekitar 110 tahun pada 2024 ini.

Diketahui, menurut Dictionary.com dan Wisdom Library, kata "baba" punya banyak arti yang bisa ditafsirkan. Namun umumnya makna kata tersebut adalah orang yang suci atau pemimpin spiritual.

"Siyaram Baba adalah seorang santo Bhatyan Ashram yang terletak di tepi sungai Narmada di distrik Khargone, Madhya Pradesh, dan tinggal di sana. Tidak seorang pun mengetahui usianya yang sebenarnya, tetapi dikatakan bahwa ia berusia sekitar 109 atau 110 tahun," melansir dari Snopes.