Bayi di Madura Dirias, MUA Langsung Sampaikan Permintaan Maaf

Bayi di Madura Dirias
Sumber :
  • TikTok @fayrafahh_makeup

Madura, VIVA – Sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @fayrafahh_makeup mendadak menjadi viral dan menuai reaksi keras dari netizen.

Dalam video tersebut, terlihat seorang bayi yang dirias lengkap dengan momen sebelum dan sesudah makeup. Video ini segera memancing perdebatan karena melibatkan kulit sensitif bayi, yang seharusnya dijaga dari paparan produk kosmetik, apalagi yang digunakan adalah produk kosmetik untuk orang dewasa.

Akun @fayrafahh_makeup diketahui merupakan akun bisnis rias asal Sampang, Madura. Akun tersebut sering membagikan berbagai video hasil riasannya, namun kali ini unggahan terkait bayi yang dirias justru mengundang kontroversi.

Tidak lama setelah video tersebut diunggah, komentar netizen mulai berdatangan, sebagian besar mengungkapkan kekhawatiran dan kritik terhadap tindakan merias bayi yang dianggap tidak aman.

Mengutip dari Halodoc, kulit bayi sangat rentan terhadap gangguan. Oleh karena itu, kebersihan dan keamanan produk yang digunakan pada kulit bayi harus sangat diperhatikan.

Penggunaan produk kosmetik untuk orang dewasa, yang umumnya mengandung bahan kimia, sangat tidak dianjurkan untuk kulit bayi yang masih sensitif.

Netizen pun mengecam penggunaan makeup pada bayi, yang dikhawatirkan bisa menimbulkan iritasi atau bahkan masalah kesehatan kulit lainnya.

Merespons kritik yang terus membanjiri akunnya, @fayrafahh_makeup akhirnya menghapus video tersebut dan segera menyampaikan permohonan maaf secara terbuka.

Dalam pernyataannya, akun tersebut mengaku bersalah karena tidak berpikir panjang sebelum menerima permintaan merias bayi. Ia juga memberikan klarifikasi mengenai situasi yang terjadi sebelum proses rias dilakukan.

Menurut penjelasannya, klien yang merupakan ibu dari bayi tersebut datang secara mendadak ke rumahnya dan meminta agar bayinya dirias.

MUA tersebut sempat mempertanyakan keputusan itu dan menanyakan apakah ibu si bayi yakin ingin bayinya dirias.

“Sebenarnya saya sudah bilang seperti ini singkatnya 'Emang gapapa bayinya dimakeup? Gimana nanti hapusnya? Nggak bahaya dimakeup gini,’” tulisnya di unggahan klarifikasi.

Namun, sang ibu bersikeras tetap ingin merias bayinya karena sedang menggelar sebuah acara keluarga. Akhirnya, @fayrafahh_makeup memutuskan untuk merias bayi tersebut dengan memberi saran agar makeup-nya nanti dihapus menggunakan baby oil untuk menghindari iritasi yang mungkin terjadi pada kulit si Kecil.

Meski demikian, @fayrafahh_makeup akhirnya menyampaikan permintaan maaf secara penuh.

“Mohon maaf atas kesalahan dan keteledoran saya tidak berpikir panjang sehingga menerima job bookingan ini,” tulisnya.