Viral Masjid di Sukoharjo Dapat Rating Buruk di Google Maps, Dinilai Marbot Tidak Sopan dan Keras

Viral Masjid Al-Ikhlas di Mendungan, Kartasura, Sukahorjo dapat rating buruk
Sumber :
  • Google Maps

Sukoharjo​, VIVA – Sebuah masjid yang menjadi tempat suci untuk beribadah justru mendapatkan sorotan netizen, masjid itu mendapat rating buruk di Google maps.

Viralnya berita ini bermula dari unggahan akun TikTok @munaugeo, masjid yang mendapatkan rating buruk itu adalah Masjid Al-Ikhlas di Jl. Mendungan No.8, Mendungan, kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah yang diunggah pada Minggu, 22 September 2024.

“Diusir dari Masjid karena sekadar buka hp, suara anak-anak, dan baju dianggap gak agamis,” tulis unggahan dari akun TikTok @munauge.

Dalam penulusaran di review Google Maps, masjid Al-Ikhlas itu mendapatkan rating 1,8 bintang dari 61 ulasan. Lantas hal ini menimbulkan tanda tanya, apakah yang terjadi?

Masjid di Sukoharjo Viral Gegara Pengurus yang Dinilai Tak Sopan

Photo :
  • TikTok @Munaugeo

Menurut sejumlah ulasan, hal ini lantaran seorang pengurus masjid yang dinilainya kurang sopan saat menegur jemaah yang membawa anak kecil, bahkan sampai mengusirnya.

Anak kecil yang wajar berisik dan aktif, dianggap mengganggu kekhusyukan jemaah lain. Namun, yang menjadi perhatian utama adalah cara menegur pengurus masjid tersebut yang dinilai kurang bijak dan tidak sesuai dengan etika dalam menghadapi situasi seperti itu.

Bukan cuma soal anak kecil, beberapa ulasan menyatakan, mereka juga ditegur soal pakaian yang menurut pengurusnya tidak sesuai.

Bahkan jemaah yang sedang beristirahat dan membuka ponsel di teras masjid ikut kena tegur secara kasar, membuat beberapa jemaah mengaku was-was salah di masjid tersebut.

"Anak saya dan suami diusir sama pengurus masjid setelah salam Sholat Jumat, karena anak kami ribut, namanya sholat jumat, ditentukan waktunya, keadaan darurat gak bisa titip anak, Tata cara menegur dalam Islam adalah dengan tidak mempermalukan orang tersebut," kata salah satu ulasan yang memberikan rating bintang 1.

"Menurutku sih untuk sholat pribadi  gak usah buat umum, percuma karena tiap mau ada yang sholat selalu dipermalukan, semoga dapat hidayah," tambah ulasan lainnya.

"kurang paham dengan pemahaman takmir masjid ini....tidak punya adab dalam menegur, pdhl sesama muslim itu bersaudara.... padahal sudah keluar dari masjid dan berada di parkiran mau aktifkan hp tapi dibentak.... semoga pengurusnya diberi hidayah dan ilmu juga lebih mengedepankan adab," tulis salah satu ulasan lainnya.

"Saya driver ojek online hari ini sholat subuh di sini karena orderan sepi. Setelah salam sholat selesai, saya cek orderan di hp saya tiba2 ada takmir masjid mengusir saya keluar dengan alasan " MAINAN HP" dengan kasar," cerita ulasan lainnya.

"Nunggu adzan maghrib di teras masjid sembari membaca alquran di hp, dijawil kasar sama marbotnya disuruh pergi dari masjid katanya kalau mainan hp pergi aja, gak ada sopan santun, gak tanya dengan baik lebih dahulu dan lihat apa yang dibuka langsung nuduh mainan hp, apa membaca alquran di hp salah?" beber ulasan dari salah satu akun.