Liga Champions Miliki Format Baru, Berikut Perubahannya

Real Madrid juara Liga Champions 2023/24
Sumber :
  • AP Photo/Frank Augstein

Swiss, VIVA – Liga Champions musim ini suda dimulai tengah pekan ini dalam format baru dengan 36 tim, bukan 32. Kompetisi yang diperbarui ini menampilkan sistem liga di mana setiap tim memainkan delapan pertandingan, menggantikan babak penyisihan grup lama dengan delapan grup yang masing-masing berisi empat tim.

Dilansir Associated Press, berikut hal yang perlu Anda ketahui tentang format baru:

Bagaimana cara kerjanya? Format babak penyisihan grup tradisional, dengan 32 tim diundi dalam delapan grup yang masing-masing berisi empat tim, yang digunakan Liga Champions selama 21 musim, pun berakhir.

Liga dengan satu klasemen akan dimulai, 36 tim masing-masing akan bermain delapan pertandingan melawan delapan lawan berbeda hingga Januari 2025. Semua tim akan mendapatkan jadwal yang seimbang menghadapi dua lawan dari masing-masing empat pot unggulan .

Delapan tim teratas dalam klasemen akan langsung melaju ke babak 16 besar pada bulan Maret 2025. Mereka akan menjadi tim unggulan tanpa pengundian terpisah untuk setiap babak hingga final.

Tim yang berada di peringkat kesembilan hingga ke-24 akan masuk ke babak playoff sistem gugur pada bulan Februari 2025. 12 tim terbawah akan tereliminasi.

AC Milan vs Liverpool

Photo :
  • AP Photo/Luca Bruno

Pada babak playoff, tim unggulan peringkat 9-16 dalam undian akan memainkan pertandingan kedua di kandang melawan tim nonunggulan peringkat 17-24.

Mengapa mengubah kompetisi yang begitu sukses? Jawaban sederhananya adalah klub menginginkan lebih banyak uang.

Liga Champions menampilkan permainan dengan kualitas terbaik di dunia sepak bola. Liga ini memungkinkan UEFA menyalurkan miliaran euro (dolar) uang hadiah yang diperoleh dari penyiaran global dan kesepakatan sponsor kepada klub-klub yang membayar biaya transfer dan gaji tertinggi.

Klub-klub tersebut juga ingin memainkan lebih banyak pertandingan yang mereka anggap bergengsi melawan lebih banyak lawan berkualitas tinggi.

Babak penyisihan grup, kata klub, menjadi terlalu repetitif dengan hanya tiga lawan dan kurang dramatis. Lebih banyak pertandingan melawan lawan yang lebih kuat akan lebih disukai oleh penyiar, pemirsa, dan penggemar baru di seluruh dunia.

Pengaruh klub-klub elite Eropa terhadap UEFA adalah kemungkinan meluncurkan kompetisi mereka sendiri. Bahkan, para pemimpin Asosiasi Klub Eropa yang berpengaruh saat itu pada awal tahun 2021 sedang merundingkan reformasi Liga Champions dengan UEFA dan juga merencanakan Liga Super mereka sendiri.

Pemain Barcelona rayakan gol Lamine Yamal

Photo :
  • AP Photo/Joan Monfort

Liga Super diluncurkan oleh 12 klub Spanyol, Italia, dan Inggris pada bulan April 2021 dan gagal dalam waktu 48 jam di tengah reaksi keras di Inggris oleh para penggemar dan ancaman undang-undang pemerintah.

Meski begitu, format Liga Champions yang sebagian besar dibentuk oleh klub-klub Liga Super pemberontak disetujui secara luas satu tahun kemudian oleh UEFA.

Apa keuntungan dan risiko format baru? Ke-36 tim dijamin memperoleh lebih banyak uang dan eksposur membangun merek kepada khalayak global. Pemain harus mendapatkan lebih banyak permainan berkualitas tinggi untuk mempercepat perkembangan mereka.

Pertandingan tambahan, total 189 pertandingan di kompetisi ini dibandingkan dengan 125 pertandingan selama dua dekade terakhir, dapat mengukuhkan Liga Champions sebagai puncak sepak bola klub.

Dua putaran pertandingan tambahan pada bulan Januari memberi Liga Champions pijakan baru dalam kalender sepak bola yang semakin padat. Namun, apakah Liga Champions dapat membebani para pemain setelah banyak yang tampak kelelahan di Kejuaraan Eropa 2024, dan menjelang peluncuran Piala Dunia Antarklub FIFA yang berlangsung selama sebulan pada bulan Juni mendatang?

Delapan tim dari babak 16 besar Liga Champions akan memainkan 10 pertandingan untuk sampai di sana, dibandingkan dengan hanya enam pertandingan dalam format lama. Eropa akan mengirimkan 12 tim, 11 di antaranya bermain di edisi Liga Champions ini ke turnamen klub FIFA yang baru, masing-masing memainkan sedikitnya tiga dan maksimal tujuh pertandingan di Amerika Serikat pada musim panas mendatang.

Manchester United merayakan gol ke gawang Fulham

Photo :
  • AP Photo/Dave Thompson

Akankah uang hadiah tambahan itu digunakan dengan bijak? Pengeluaran yang melonjak untuk transfer pemain telah melambat di musim panas Eropa ini, meskipun gaji pemain top masih meningkat.

Klub-klub peringkat menengah di liga-liga domestik papan atas, ditambah liga-liga di negara-negara peringkat bawah, memperingatkan bahwa Liga Champions akan menciptakan kesenjangan kekayaan yang lebih besar dalam sepak bola Eropa dan mendorong ketidakseimbangan kompetitif yang lebih besar.