Viral Pemuja Kuburan Kosong, Polisi Sebar Modus Dukun Palsu dan Cabul

Kuburan kosong di Tangerang, Banten
Sumber :
  • Sherly (Tangerang)

VIVA Trending – Viral di media sosial kasus pemuja kuburan kosong yang dilakukan oleh Abah Ali atau Aliyudin di wilayah Kabupaten Tangerang, kini menjadi perhatian seluruh lapisan masyarakat. 

Termasuk perhatian khusus dari Polres Kota Tangerang yang meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh atau mengikuti aliran yang tidak sesuai dengan kaidah agama. 

Hal ini lantaran akan menjadi menjadi sarana para pelaku kejahatan untuk berbuat tindak kriminal, mulai dari penipuan hingga pencabulan atau pemerkosaan. 

Lokasi kegiatan memuja kuburan kosong di Desa Cibugel, Kabupaten Tangerang

Photo :
  • VIVA/Sherly

Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Sigit Dany mengatakan, hal-hal tersebut wajib dihindari. Dan bila menemukan praktek demikian, warga pum diminta untuk langsung melaporkannya ke pihak kepolisian. 

"Waspada dukun palsu dan dukun cabul. Tingkatkan keimanan dan laporkan pada kami bila menemukan praktek demikian," katanya, Kamis, 23 Februari 2023.

Ia pun membeberkan sejumlah modus yang kerap kali ditemui dalam kasus praktek dukun palsu ini. Seperti, pengobatan alternatif, menggandakan uang, usir roh jahat. 

"Modusnya macam-macam, ada juga soal penglaris usaha, enteng jodoh, hingga pemikat lawan jenis," ujarnya. 

Adanya hal itu, Sigit juga menjelaskan ciri-ciri kebohongan dukun, yakni menumbuhkan sugesti pasien, menggunakan kata khodam, membuat ilmu karangan, membuat ramalan palsu, menjual benda palsu, menggubakan pasien palsu, dan meminta mahar uang. 

"Ada juga cirinya seperti minta bersetubuh, hingga nasihat munafik dan menggunakan senjata, yakni berupa ayat Al-Quran dan hadist. Dan ini harus diwaspadai," ungkapnya.