Viral Aksi Keren 5 Pemuda Bersihkan Sungai dari Timbunan Sampah, TikToknya Sudah 1,6 Juta Pengikut

Pemuda bersihkan sampah
Sumber :

VIVA Trending – Selain banjir, sampah merupakan permasalahan umum yang terjadi di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia salah satunya. Sudah beberapa upaya dilakukan untuk mengurangi tumpukan sampah di setiap sudut kota.

Oleh karena itu, sampah menjadi masalah cukup serius yang perlu diperhatikan oleh masyarakat setempat. Pasalnya, kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya membuat timbunan semakin menumpuk dan sering ditemukan di berbagai titik.

Faktanya, masih banyak masyarakat hingga saat ini yang lebih mengabaikan pembuangan sampah tidak pada tempatnya. Mereka justru dengan santainya membuang sampah di tempat sembarang yang ia sukai, bahkan tak jarang memilih sungai maupun selokan untuk menjadi area lokasi pembuangan sampah.

Ilustrasi sampah.

Photo :
  • vstory

Tak heran jika banyak terjadi banjir di mana-mana terlebih di musim hujan, lantaran kurangnya menjaga kebersihan tempat dari sampah. Kendati hanya sesekali melakukannya, namun hal tersebut bisa jadi contoh untuk orang lain melakukan hal yang sama hingga akhirnya menyebabkan sampah menumpuk.

Meskipun banyak di luar sana yang tidak memedulikan kebersihan lingkungan khususnya area sungai dari sampah, nyatanya masih ada pemuda yang sangat peduli akan hal tersebut. Seperti salah satunya lima pemuda berikut ini yang tergabung dalam satu komunitas bernama Pandawara Group.

Mereka adalah sejumlah anak muda yang menamakan komunitasnya dengan Pandawara Group.  Terdiri dari lima pemuda laki-laki asal Bandung, aksi mereka yang peduli sampah di beberapa tempat, khususnya sungai pun lantas menjadi sorotan dan perbincangan hangat sejumlah warganet di dunia maya.

Belum lama ini komunitas lima pemuda dengan nama akun TikTok @pandawaragroup ini pun mendadak viral dan menjadi ramai perbincangan publik di media sosial. Hal tersebut tak lepas dari aksi keren mereka yang mau dan peduli membersihkan sungai di beberapa daerah dari timbunan sampah yang menumpuk. Lantas, siapakah lima pemuda keren tersebut? Dari penasaran simak artikel selengkapnya berikut ini.

Aksi Membersihkan Sampah

Belum lama ini viral di media sosial khususnya TikTok aksi sekelompok pemuda yang dengan sukarela mau membersihkan timbunan sampah di sungai. Hal ini juga terlihat dari salah satu pengguna Twitter yang mengunggah aksi keren kelima pemuda tersebut saat membersihkan sampah.

Aksi pemuda tersebut rupanya kerap dibagikannya melalui akun TikTok pribadinya yang bernama @pandawaragroup. Komunitas yang terdiri dari lima pemuda tersebut kerap membagikan aksinya ini saat tengah berjibaku membersihkan sampah-sampah di selokan maupun sungai dengan alat seadanya. 

Hal tersebut dilakukan agar aliran selokan maupun sungai bisa kembali lancar dan tidak tersendat dengan adanya timbunan sampah yang mengakibatkan aliran air sulit berjalan.

Pada unggahan video yang baru dibagikan oleh komunitas @pandawaragroup di TikTok miliknya, memperlihatkan aksi keren mereka saat berada di dalam selokan maupun sungai dengan pemandangan disekitar tubuhnya terdapat tumpukan sampah yang menimbun.

Alih-alih jijik hingga tak ingin menyentuhnya, lima pemuda ini justru dengan santainya asyik membersihkan area sungai tersebut dengan alat dan pakaian seadanya. Mereka hanya mengenakan pakaian khusus seadanya, sarung tangan hinga sepatu boat untuk melindungi dirinya dari berbagai kotoran yang kemungkinan kecil bisa menggerotoi tubuhnya.

Tanpa menggunakan alat penutup hidung dan lainnya, mereka melakukan aksinya memungut sampah-sampah yang bertebaran di sekitar sungai maupun selokan.

Mereka terlihat saling gotong royong satu sama lain mengangkat sampah ke dalam jaring atau wadah. Selokan maupun sungai yang tadinya terlihat kotor dan menjijikan, seketika menjadi jernih usai sampah-sampah yang menumpuk dibersihkan oleh kelima pemuda tersebut.

Reaksi Warganet

Sampah

Photo :

Meskipun aksinya ini terlihat nyeleneh dan konyol, ada tujuan yang ingin dibawa kelima anak pemuda tersebut. Tak lain tak bukan, ingin membuat seluruh masyarakat turut bergerak untuk melindungi dan menjaga lingkungan yang kotor dari sampah. 

Dengan membuat tayangan video yang dikemas semenarik mungkin, kelima pemuda ini membuat aksi kerjanya saat membersihkan sampah dan dibagikannya melalui laman TikTok miliknya.

Sontak saja unggahan video yang memperlihatkan aksi keren nun mulia dari lima pemuda pria ini langsung menuai banyak pujian dari warganet hingga masyarakat Indonesia. Tak sedikit yang menilai, bahwa kelima pemuda tersebut layak mendapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat maupun pemerintah . 

Mengingat, aksi yang dilakukannya belum tentu bisa dilakukan oleh orang lain.  Pasalnya, masih banyak orang terlebih anak muda-mudi yang memilih untuk membuang sampah sembarangan, seperti sungai contohnya.

"KEREN KEREN KEREN," kata pengguna TikTok lainnya.
"Terima kasih banyak Kak, bumi ini butuh banyak orang seperti kalian masnya makin ganteng dehh," tulis lainnya.
"ya Allah capek loh ini," kata lainnya.
"yang seperti ini yang harus mendapatkan penghargaan," saut warganet.
"akhirnya sungai sudah bersih dan tugas kita semua mari kita jaga sungai nya dan buang lah sampah nya pada tempa nya #2023 HIDUP BERSIH," kata pengguna warganet.
"ngenekiiiiii lo coook pemuda pemuda sg muasukkkkk poll, koe keren mas," saut warganet.
"sampe ga gerak sampahnya bang buset rajjin banget sukses terus buat kalian," tulis pengguna lainnya.

"semngat bng sukses selalu," tulis lainnya.