Hendra Setiawan dan VIktor Axelsen Bakal Bertanding di BDMNTN-XL

Hendra Setiawan dan Fajar Alfian di BDMNTN XL
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Sejumlah pebulutangkis top dunia bakal tampil di BDMNTN-XL di Istora Senayan, 31 Oktober – 3 November 2024

Ajang ini merupakan revolusi olahraga bulutangkis dengan format yang belum pernah ada sebelumnya. 

Ada empat tim yang akan berlaga di event ini, yakni Blitzers, Hurricanes, Lightning, dan Rockets. Empat tim tersebut akan diisi oleh tujuh pemain, masing-masing empat atlet pria dan tiga wanita.

Mereka akan bertanding dalam format waktu yang penuh aksi. Setiap pertandingan akan terdiri dari empat set berdurasi 10 menit, atau 'quarter', dengan tiebreaker sudden-death jika skor imbang 2-2.

Beberapa pebulutangkis dunia akan berlaga di ajang tersebut, seperti Jonathan Christie, Fajar Alfian, Hendra Setiawan, hingga Greysia Polii, yang merupakan wakil dari Indonesia.

Acara ini juga akan menampilkan pebulutangkis dari luar Tanah Air, macam Viktor Axelsen, peringkat satu dunia, dan juara dunia asal Thailand, Ratchanok Intanon.

Ini juga akan menjadi pengalaman pertama pecinta bulu tangkis melihat pasangan ganda yang berbeda sebagai bagian dari sistem draft.

"Saya tentunya sangat antusias untuk bermain di ajang ini. Karena akan menjadi pengalaman baru bagi saya," ujar Fajar Alfian, saat hadir dalam acara konferensi pers BDMNTN XL di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa 24 September 2024.


"Kalian semua tahu saya sudah 10 tahun menjadi pasangan dari Rian (Ardianto). Nah di event ini saya punya pengalaman mendapat pasangan dari pebulu tangkis luar negeri, sangat excited," tambahnya.

Pemain akan dipilih melalui sistem 'snake', di mana nantinya pemain yang ditunjuk sebagai kapten akan memilih bintang mereka secara bergantian.

Sementara itu, akan ada pertandingan baru dengan format 3v3 juga. Dalam pertandingan 3v3, kapten dapat melakukan pergantian pemain tanpa batas antarset.

Ini akan memungkinkan tiap tim beradu kecerdasan dan taktik di setiap pertandingan.

"Tentu ini pertandingan yang benar-benar beda. Karena kalau kita lihat turnamen Piala Sudirman, formatnya kan biasa: tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. (Sedangkan) ini ada 3 on 3 juga," ujar Hendra Setiawan dalam acara yang sama.

"Ini pertandingan pertama dan mungkin bisa jadi sejarah. Saya juga mengharapkan ini berlanjut terus karena 3 on 3 itu seru pertandingannya," jelasnya.

Adapun event BDMNTN-XL akan memperebutkan total hadiah 1 juta dolas AS. Nominal tersebut bakal dibagi untuk pemenang, runner-up, dan dua tim sisanya, dengan skuad juara berhak memperoleh reward 420 ribu dolar AS, atau setara dengan kurang lebih Rp6,3 miliar.