Dominasi Tuan Rumah di FOX’S Indonesia Para Badminton International

Aksi atlet parabulutangkis Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi Purnomo

VIVA Sport – Atlet parabulutangkis Indonesia yang terjun di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 yang digelar di GOR Among Raga Yogyakarta sejak 23 hingga 27 Agustus 2022 menunjukkan dominasinya. Dari 16 kategori yang dipertandingkan, atlet parabulutangkis Indonesia ini menunjukkan dominasi dan menguasai babak semifinal.

Keperkasaan para atlet Indonesia ini salah satunya terlihat pada kategori tunggal putra SL 3 dimana terdapat tiga atlet Indonesia yang menyegel tiket ke semifinal. Mereka ialah Ukun Rukaendi, Maman Nurjaman, dan Dwiyoko.

Di babak perempatfinal, Ukun Rukaendi sukses menang dua set langsung dengan skor 21-10 21-3 atas pemain India, Dillaswar Rao Gadela. Sementara Maman Nurjaman menaklukan atlet asal Selandia Baru Wojtek Czyz dengan 21-12 dan 21-9.

Sedangkan wakil Indonesia lainnya yaitu Dwiyoko tembus ke babak semifinal usai menyingkirkan atlet India Hemant Kumar Thakur dengan skor 21-9 21-11.

Sementara satu kursi di babak semifinal dipegang oleh atlet asal India yaitu Jagadesh Dilli.

Untuk partai semifinal FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 yang digelar Jumat 26 Agustus 2022 dengan memertemukan Ukun Rukaendi vs Maman Nurjaman dan Dwiyoko vs Jagadesh Dilli.

Menanggapi kesuksesannya lolos ke semifinal, Dwiyoko menuturkan dirinya beruntung karena di babak perempatfinal bertemu dengan lawan yang masih minim pengalaman.

"Dalam pertandingan tadi saya mampu menguasai permainan. Lawan yang saya hadapi juga merupakan pemain baru dari India yang belum banyak pengalaman bertanding," ucap Dwiyoko, Kamis 25 Agustus 2022.

Sementara menghadapi partai semifinal, Dwiyoko akan memersiapkan diri secara maksimal. Menghadapi atlet India, Dwiyoko mengaku siap memberikan penampilan terbaiknya demi lolos ke babak final.

"Untuk pertandingan semifinal, saya akan mempersiapkan fisik terbaik. Saya juga belum kenal lawan yang akan dihadapi nanti. Saya akan bermain nothing to lose supaya bisa melaju ke final," kata Dwiyoko.

Sedangkan di sektor putri turnamen Indonesia di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 atlet-atlet Indonesia juga mendominasi. Pebulutangkis Syakuroh Qonitah Ikhtiar menjadi unggulan juara di kategori Tunggal Putri SL 3 dan juga ganda putri SL 3 – SU 5 bersama rekannya Warining Rahayu yang perkasa di puncak klasemen sementara dalam skema pertandingan berformat round-robin.

Sedangkan dinomor ganda campuran SL 3 - SU 5, Qonitah bersama Hafizh Briliansyah Prawiranegara merebut tiket ke babak empat besar usai mengalahkan kompatriotnya, Maman Nurjaman/Warining Rahayu. Hafizh/Qonitah menang dua gim langsung 21-14, 21-13 dalam pertandingan berdurasi 19 menit.

Menanggapi kesuksesannya lolos ke semifinal, Qonitah mengaku gembira. Qonitah mengatakan peluangnya memborong piala di berbagai kelas pertandingan di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2022 mendekati target.

Qonitah menyebut dirinya baru berpasangan dengan Waringin pada event ASEAN Para Games (APG) 2022 lalu. Qonitah menyebut dirinya beruntung bisa langsung klop dengan Waringin dan bisa berjalan maksimal.

"Walaupun kami tidak pernah berlatih sebelum APG, tapi komunikasi kami lancar. Dan ketika bermain di Yogyakarta ini, saya jadi lebih percaya diri. Saya tidak menyangka bisa menang di tiga nomor. Besok saya harus bermain dengan tenang dan fokus sehingga bisa menang," ucap Qonitah.

Sementara Waringin tak menyangka duetnya bersama Qonitah meraih hasil positif di atas lapangan sejak ASEAN Para Games 2022 lalu.

“Memang bermain ganda itu susah-susah gampang karena kita harus bisa menyatu, saling mendukung, tidak boleh egois, dan jangan sungkan untuk memberi tahu pasangan kekurangan maupun kelebihannya," ungkap Waringin.