Putra Bali Kadek Adi Sabet Medali Emas dalam Ajang Asian Pencak Silat Championship 2024 di Uzbekistan

Prajurit TNI Kodam IX / Udayana Serda I Kadek Adi Budiasta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali, VIVA – Timnas Pencak Silat Indonesia berhasil menjadi Juara umum pada ajang Asian Pencak Silat Championship 2024 yang digelar di Bukhara - Uzbekistan, sejak 8 hingga 16 Oktober 2024. 

Kejuaraan Asia Pencak Silat 2024 diikuti lebih dari 12 negara, diantaranya Indonesia, Malaysia, Uzbekistan, Singapura, Kazakhstan, India, Filipina, dan Kirgizstan. Kemudian ada juga wakil dari Uni Emirat Arab, Karakalpakstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Afghanistan.

Timnas pencak silat Indonesia tampil impresif dengan meraih 12 medali emas dan dua perunggu. Indonesia sukses finish di posisi pertama klasemen akhir dengan koleksi medali terbanyak.

 Diantara nama-nama atlet yang tergabung dalam Timnas Indonesia tersebut terdapat atlet putra asli Bali yang juga sebagai Prajurit TNI di Kodam IX/Udayana.

Serda I Kadek Adi Budiasta, seorang prajurit dari Bekangdam IX/Udayana, berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam ajang 8th Asian Pencak Silat Championship. 

Pria kelahiran Denpasar 20 Juni 2002 tersebut berhasil meraih Medali Emas dalam kategori atau kelas Fighter 75 Kg, setelah mengalahkan tuan rumah Uzbekistan pada laga final.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pangdam IX/Udayana atas dukungan dan support yang luar biasa kepada kami, sehingga kami bisa meraih hasil terbaik," ucap Kadek Adi Budiasta, Rabu, 16 Oktober 2024.

Ke depan, ia kembali dipercaya untuk bergabung dengan Tim Garuda TNI AD dalam Kejuaraan Nasional Piala Panglima TNI pada 24-27 Oktober 2024 di Jakarta Timur.

"Mohon doa dan dukungannya agar kami bisa memberikan yang terbaik untuk Kodam IX/Udayana dan TNI AD," ucapnya.

Dibesarkan oleh Perguruan Pencak Silat Kertha Wisesa, Kadek Adi memiliki segudang prestasi dalam kejuaraan Pencak Silat. 

Beberapa di antaranya termasuk Juara 1 Porjar Bali (2016-2020), Juara 1 Popwil (2018), Juara 1 Porprov Bali (2019), Juara 1 Popnas (2019), Juara 1 Seleknas Timnas (2020-2022), 16 Besar Sea Games Vietnam (2021), Juara 3 Sea Champ International Singapore (2021), Juara 1 Batavia Utara Championship, Juara 3 PON XXI Aceh (2024).

Dengan semangat pantang menyerah, Serda I Kadek Adi Budiasta berjanji akan terus berlatih dan berusaha untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi di masa depan.