Atlet Catur Tangerang Raih Juara 1 di The Rooky Internasional Open Bangkok

Atlet catur dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Tangerang, Jonathan Anthony (kiri) saat pertandingan 2nd The Rooky Internasional Open 2024 di Thailand
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang, VIVA - Atlet catur dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Tangerang, Jonathan Anthony, berhasil menjuarai 2nd The Rooky Internasional Open 2024 yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

Dalam turnamen yang berlangsung dari 19 hingga 23 Oktober 2024 di Hollywood Club Bangkok ini, Anthony berkompetisi di kategori catur standar.

Pria berusia 23 tahun ini, berhasil mengalahkan 24 pecatur mancanegara lainnya. Dari total 9 babak yang dilalui, ia meraih 6 kemenangan, 2 seri, dan hanya mengalami satu kekalahan.

"Ini adalah turnamen pertama saya di luar negeri dan saya sangat bangga bisa meraih kemenangan di sini," katanya, Jumat, 25 Oktober 2024.

Sebagai seorang Master Nasional, Anthony menuturkan bahwa ia sebelumnya telah mengikuti tiga turnamen internasional di dalam negeri.

Namun, ia merasa pengalaman kali ini sangat istimewa, mengingat lawan-lawan yang dihadapinya berasal dari berbagai negara di Asia, Amerika, dan Eropa, banyak di antaranya telah menyandang gelar bergengsi seperti Candidate Master (CM), FIDE Master (FM), dan Woman Grand Master (WGM).

"Partisipasi saya di turnamen ini lebih untuk mendapatkan pengalaman, dan saya mempersiapkan diri dengan serius. Saya sangat bersyukur hasilnya sesuai harapan," ujarnya.

Ketua Percasi Kabupaten Tangerang, Hendra, menyatakan kebanggaannya atas prestasi Anthony. Menurutnya, keberhasilan ini adalah langkah positif bagi atlet-atlet muda Indonesia, khususnya di Kabupaten Tangerang, yang terus berupaya meningkatkan prestasi mereka di kancah internasional.

"Ada 25 atlet dari 24 negara yang turut ambil bagian dalam turnamen ini, termasuk Australia, Austria, Kanada, China, dan banyak lainnya. Keberhasilan Anthony akan menjadi motivasi bagi para pecatur muda kami untuk terus berlatih dan berprestasi," ungkapnya.