Menpora Puji Venue Peparnas 2024 di Solo, Sudah Setara Paralimpiade

Menpora Dito Aritotedjo meninjau lokasi Peparnas 2024
Sumber :
  • PB Peparnas

Solo, VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga (MenporaIl) Dito Ariotedjo menilai venue pada ajang Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Solo 2024 sekelas Paralimpiade. Hal ini diungkapkan Dito saat meninjau sejumlah venue Peparnas 2024.

"Venue bagus, saya keliling yang indoor baik. Saya nonton powerlifting (para angkat berat) tidak kalah dengan Paralimpiade, sangat bagus. Ini saya cek yang outdoor, atletik juga sangat baik," kata Dito saat berada di Stadion Sriwedari Solo dilansir dari PB Peparnas.

Dito mengecek sejumlah venue Peparnas XVII, antara lain para atletik di Stadion Sriwedari Solo, anggar kursi roda di Solia Zigna Hotel, para angkat berat di The Sunan Hotel Solo, judo tuna netra di Swiss Belinn Saripetodjo, dan para e-sport di Adhiwangsa Hotel.

Menpora pun mengapresiasi penyelenggara PEPARNAS XVII yang dinilai sukses menggelar ajang olahraga multievent bagi atlet penyandang disabilitas ini.

Menpora Dito Ariotedjo meninjau venue Peparnas 2024

Photo :
  • Istimewa

"PEPARNAS ini momentum yang untuk menyiapkan ke depan ke ajang Paralimpiade, ASEAN Para Games, dan Asian Para Games," tutur Dito. 

Di sisi lain, Dito menilai Kota Solo sangat siap sebagai tuan rumah penyelenggaraan PEPARNAS XVII tahun ini. Menpora juga mengakui hari pertama penyelenggaraan pertandingan PEPARNAS XVII XVII berjalan sangat baik.

"Kami keliling venue banyak cabor, mulai dari anggar (anggar kursi roda), angkat berat (para angkat berat), judo (judo tunanetra) dan e-sports (para e-sport). Sejauh ini semuanya berjalan sangat baik. Saya tanya kepada atlet yang berlaga mengenai konsumsi semua tidak ada masalah. Tentunya enggak ada masalah karena Jawa Tengah ini kan sudah sangat terbiasa mengadakan event seperti ini," tegas dia.

Dito menambahkan dia akan melanjutkan agenda berkeliling venue lain hari selama penyelenggaraan PEPARNAS XVII di Solo ini.

"Pasti kami akan berkeliling setelah ini selama penyelenggaraan. Untuk besok (hari ini) agendanya mungkin berkeliling ke venue yang di outdoor," jelas Dito. 

Total ada 20 cabang olahraga yang dipertandingan pada Peparnas 2024.