Direktur LPDUK Ferry Kono Bicara Pentingnya Olahraga untuk Diplomasi Internasional

Direktur LPDUK, Ferry Kono
Sumber :
  • GGN Foundation

Bali, VIVA – Seminar olahraga internasional yang digagas oleh United Nations Office of Counter-Terrorism (UNOCT) bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dihelat di Kartika Plaza Hotel, Bali pada 1-3 Oktober 2024 berjalan lancar dan sukses.

Mengangkat tajuk "Harnessing the Power of Sports and its Values to Strengthen Social Cohesion and Impact on Community Resilience", sejumlah rekomendasi yang bisa diaplikasikan di Indonesia dihasilkan.

Sejumlah pemangku kepentingan olahraga di Indonesia hadir sebagai peserta. Sementara pembicara datang dari berbagai kalangan, seperti FIFA, UEFA, Premier League, Serie A, akademisi, dan aktivis.

Direktur Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK), Ferry Kono, mengapreiasi acara ini. Dia mengatakan, olahraga merupakan alat diplomasi strategis antarnegara.

“Kami merasa bangga LPDUK dapat ambil bagian dalam menyukseskan acara ini. Pemerintah Indonesia memiliki visi bahwa olahraga merupakan salah satu alat diplomasi yang berkontribusi pada persahabatan, kerjasama ekonomi, dan politik antarnegara,” ujar Ferry.

Menurut Ferry, seminar seperti ini sanagt penting karena bisa memberikan wawasan baru kepada para peserta. Dampak positifnya nanti adalah penyelenggaraan olahraga di Tanah Air terhadap kehidupan sosial masyarakat.

“Olahraga bukan hanya tentang prestasi atau siapa yang menjadi juara, tetapi juga tentang mempromosikan nilai-nilai seperti sportivitas, fair play, persahabatan, dan disiplin,” tambahnya.
Dukungan LPDUK untuk Event Olahraga Internasional

Indonesia juga bisa membuka peluang untuk menjadi tuan rumah event olahraga internasional. LPDUK yang memiliki misi untuk keberlanjutkan dan akuntabilitas dalam pembangunan olahraga nasional siap untuk berperan aktif dalam menyukseskan agenda-agenda tersebut nantinya.