PON 2024 Aceh-Sumut Resmi Ditutup, Menko PMK: Sampai Jumpa di NTB dan NTT

Upacara penutupan PON XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut di Stadion Utama, Kabupaten Deliserdang.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Deli Serdang, VIVA – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut digelar 9 hingga 20 September 2024, resmi berakhir dengan ditandai upacara penutupan, berlangsung Stadion Utama Sport Center, di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan pesan dari Presiden RI, Joko Widodo atas perhargaan setinggi-tingginya, dan mengucapkan terima kasih yang sudah mengantarkan PON ini, di pintu gerbang kesuksesan.

"Saya mendapatkan tugas dari bapak Presiden untuk menghadiri upacara penutupan PON ini," sebut Muhadjir Effendy dalam sambutannya di upacara penutupan PON 2024, Aceh-Sumut. 

Muhadjir Effendy mengatakan PON XXII tahun 2028, sebagai tuan rumah bersama Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Terakhir mari kita tutup, mewakili Pemerintah Indonesia dengan ini PON ke-21 resmi ditutup dan sampai jumpa PON ke-22 di NTB dan NTT," kata Muhadjir Effendy.

Stadion Utama Sumut, di Kabupaten Deli Serdang. (B.S.Putra/VIVA)

Photo :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Jawa Barat sukses menjadi juara umum PON 2024. Total medali yang diperoleh kontingen Jabar adalah 540. Rinciannya 195 emas, 163 perak, dan 182 perunggu. 

DKI Jakarta, yang juga ditarget jadi juara umum, finis di posisi runner-up dengan 479 medali. Rincian medali yang diraih DKI adalah 184 emas, 150 perak, dan 145 perunggu.

Closing ceremony dipadukan dengan festival budaya dari Sumatera Utara dan Aceh, para atlet-atlet dari 38 Provinsi di Indonesia hingga pesta kembang api.

Upacara penutupan PON tahun ini, dihadiri sekitar belasan ribu masyarakat. Kemudian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menpora RI, Dito Ariotedjo dan Wakapolri, Komjen Pol. Agus Adrianto serta tamu VVIP yang lainnya.