Veddriq Leonardo Raih Emas Olimpiade, Rocky Gerung: Terima Kasih Pak Jokowi

Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Rocky Gerung
Sumber :
  • Istimewa

Paris, VIVA – Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Rocky Gerung menyampaikan terima kasih untuk masyarakat Indonesia dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai Veddriq Leonardo sukses menyabet emas di Olimpiade Paris 2024.

Hasil baik tersebut didapat Veddriq usai mengalahkan wakil China, Wu Pang di final panjat tebing nomor speed putra di Le Bourget Sport Climbing Kamis, 8 Agustus 2024.

Memanjat setinggi 15 meter, Veddriq mencatatkan waktu 4,75 detik, sementara Wu Pang hanya mencatat 4,77 detik.

Veddriq Leonardo Medali Emas Perdana Indonesia di Olimpiade 2024

Photo :
  • (Foto AP/Tsvangirayi Mukwazhi)

"Terima kasih untuk para pendukung tim panjat tebing Indonesia, terutama untuk mereka yang ingin membahagiakan rakyat Indonesia melalui olahraga. Terima kasih Pak Menpora, terima kasih Pak Jokowi, terima kasih NOC dan semua,” ujar Rocky dalam video yang beredar di media sosial.

Menurut Rocky, keberhasilan Veddriq meraih emas merupakan prestasi membangkagak Indonesia. Ia berharap presiden berikutnya, Prabowo Subianto akan meneruskan semangat ini di Olimpiade Los Angeles 2029.

“Yang harus kita ucapkan adalah, ini adalah prestasi membahagiakan Indonesia dan pak Prabowo akan meneruskan semangat ini sampai 2029 kita bertemu lagi di Olimpiade Los Angeles, salam akal sehat,” pungkasnya

Pada Olimpiade Paris 2024, Indonesia diwakili empat atlet panjat tebing.

Sebelumnya, Rajiah Sallsabilla harus menyudahi langkahnya di perebutan perunggu, kemudian Desak Made Rita Kusuma Dewi gugur di perempatfinal, dan Rahmad Adi Mulyono gagal lolos ke babak gugur akibat false start.