Lalu Muhammad Zohri Resmi Lolos ke Olimpiade Paris 2024 Lewat Jalur Khusus Ini

Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jakarta– Atlet lari Indonesia, Lalu Muhammad Zohr, resmi lolos ke Olimpiade Paris 2024. Ini menjadi kesempatan kedua sprinter jagoan Indonesia itu tampil di multiajang bergengsi dunia tersebut.

Lalu nantinya akan tampil di cabang olahraga (cabor) atletik nomor lari putra 100 meter. Dia dinyatakan lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah mendapat kesempatan jalur Universality Place. Kabar tersebut secara resmi diumumkan oleh National Olympic Committee (NOC) Indonesia pada Selasa 25 Juni 2024.  

Tim estafet 4x100 meter putra Indonesia Lalu Muhammad Zohri berlari saat mengikuti latihan di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Selasa, 7 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Lalu Muhammad Zohri lolos menjadi wakil Indonesia pada Olimpiade Paris 2024 cabang olahraga Atletik nomor Men's 100m melalui alokasi Universality Place. Ini merupakan kali kedua Zohri @lalusprinter tampil di Olimpiade setelah Tokyo 2020,” bunyi laporan resmi NOC di Instagram.

Perlu diketahui, Universality Place merupakan sistem kualifikasi jalur khusus yang diberikan oleh federasi olahraga internasional. Isitilah ini juga dikenal dengan Unqualified Athletest yang berarti mempersilakan NOC di sebuah negara untuk meloloskan salah satu atlet mereka ke Olimpiade.

Syaratnya atlet putra dan putri yang diajukan harus memiliki peringkat tertinggi agar bisa bersaing di multiajang tersebut. Lalu sendiri sejatinya diketahui tidak lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri di Olimpiade Tokyo

Photo :
  • ANTARA FOTO/NOC Indonesia/Naif Al’as/Handout/aww

Dia sempat dikirim ke Amerika Serikat (AS) untuk menjalani pemusatan latihan (TC) sebagai persiapan menatap sejumlah kejuaraan kualifikasi di Asia Timur dan Asia Tenggara. Atlet kelahiran Lombok Utara itu dibebani target waktu minimal 10 detik sebagai syarat lolos Olimpiade Paris 2024.

Sayang dirinya gagal memenuhi capaian tersebut. Dia finis dengan catatan waktu 10,38 detik ketika mentas di kejuaraan 11th Kinami Michitaka Memorial Athletics Meet di Osaka, Jepang.

Kemudian kesempatan lainnya dia tampil di Taiwan Atletik Open 2024. Zohri saat itu finis terdepan di partai final dengan catatan waktu 10,27 detik. Namun tentu hasil tersebut belum mencapai target waktu Olimpiade Paris 2024 yang diminta.

Beruntung mimpinya kembali tampil di olimpiade tidak pupus. Lalu pun menjadi wakil tunggal atletik Indonesia sementara ini yang memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024.