Kalahkan Despacito, Lagu Gegagedigedagedago Tembus Rekor Baru di Dunia Maya

Razi Irawani
Sumber :
  • ist

VIVA Showbiz – Kesuksesan Gegagedigedagedago sungguh mengejutkan, seaneh judulnya yang tak biasa. Acara besar ini menampilkan nugget ayam bernyanyi, seakan memberikan kontribusi pada kesuksesannya. Lagu tersebut kini menjadi lagu paling banyak diputar di dunia tahun ini, dengan 8 miliar pemutaran di YouTube.

Lagu ini didasarkan pada Cotton Eye Joe milik Rednex dan pertama kali menjadi viral di TikTok oleh penyanyi Denmark, Razi Irawani, sebelum dirilis di Spotify pada 24 Mei 2024. Scroll lebih lanjut ya.

Dirilis pada tahun 2024, lagu ini telah menarik 560 juta pendengar unik di Spotify, dari total 615 juta pengguna terdaftar di platform tersebut. Keberhasilan di YouTube lebih spektakuler lagi. Di sana, Gegagedigedagedago hanya membutuhkan waktu tiga bulan untuk mencapai 8,2 miliar penayangan, mengalahkan rekor Despacito karya Luis Fonsi, yang membutuhkan 70 bulan untuk mencapai angka serupa. Kecepatannya 23 kali lebih cepat.

“Jumlahnya sangat mencengangkan dan sulit untuk dipahami,” kata Pat Reiniz, salah satu pendiri Rednex dan produser "Cotton Eye Joe" dalam keterangannya.

“Namun industri hiburan perlu bangkit. Keberhasilan ini melampaui istilah-istilah umum seperti ‘viral’ atau ‘meme’. Ini adalah gerakan digital masif yang melibatkan ribuan pembuat video dengan berbagai tema. Ini adalah peristiwa besar pertama dari banyak peristiwa yang akan datang.”

Saat ini, Gegagedigedagedago mencapai 3 miliar penayangan per bulan. Jika tren ini berlanjut selama empat bulan ke depan, konten ini berpotensi menjadi konten hiburan paling banyak dikonsumsi dalam sejarah umat manusia. Gegagedigedagedago telah dilihat oleh 16% dari seluruh pengguna YouTube dan 7% populasi dunia. Angka 8,2 miliar penayangan melebihi jumlah populasi manusia di planet ini. Lagu ini diputar dua kali lebih banyak dibandingkan lagu No.1 sepanjang masa di Spotify, "Blinding Lights" oleh The Weekend.

Razi Irawani

Photo :
  • ist

Keberhasilan ini dicapai tanpa upaya pemasaran atau paparan media yang signifikan. Bandingkan dengan tahun 90-an, di mana kesuksesan semacam ini mustahil dicapai tanpa keduanya. Tingkat keberhasilan ini sangat baru, bahkan belum ada grafik yang dibuat untuk menggambarkannya.

“Setiap pandangan adalah manusia nyata di suatu tempat di planet ini, dengan sepasang telinga yang secara sadar membuat pilihan untuk terhubung dengan sebuah lagu,” tambah Pat Reiniz. “Anda tidak boleh cepat mengabaikan angka-angka gila yang dapat dikumpulkan oleh video berdurasi pendek dibandingkan dengan lagu berdurasi penuh. Bahkan patut dipertanyakan apakah konsep lagu lengkapnya terancam. Apapun yang terjadi, ini menandakan perubahan besar. Penyesuaian akan diperlukan.”

Apakah rilis Gegagedigedagedago di Spotify akan menjadi sukses besar, kegagalan yang mengecewakan, atau biasa-biasa saja?