Cerita Baim Alkatiri Sudah Kena Darah Tinggi di Usia Muda

Baim Alkatiri
Sumber :
  • IG @baimalkatiri

Jakarta, VIVA – Kabar tak terduga datang dari Baim Alkatiri, mantan artis cilik yang kini berusia 19 tahun. Siapa sangka, di usianya yang masih sangat muda, Baim sudah harus berurusan dengan penyakit hipertensi atau darah tinggi

Bahkan, penyakit ini sudah dialaminya sejak usia 17 tahun. Hal ini terungkap ketika Baim menjadi bintang tamu dalam sebuah podcast yang kemudian dibagikan ulang oleh akun Instagram @rumpi_gosip. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Baim Alkatiri

Photo :
  • IG @baimalkatiri

Baim, yang memiliki nama lengkap Ibrahim Khalil Alkatiri, bercerita tentang pengalamannya merasakan gejala darah tinggi untuk pertama kali saat ia berusia 17 tahun. Awalnya, Baim mengalami sakit kepala parah yang disertai demam. Namun, setelah demamnya mereda, rasa sakit di kepalanya masih tak kunjung hilang. Hal ini membuatnya memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter.

“Gue kan punya darah tinggi ya, dari umur gua 17,” ungkap Baim Cilik alias Baim Alkatiri yang dikutip pada Senin, 14 Oktober 2024. 

“Tiba-tiba kepala gue kayak pengen dipecah dua dulu kan, sakit apaan, badan gua panas, dan badan gua udah gak panas kepala gua sakit banget,” tambahnya menjelaskan. 

Baim Alkatiri

Photo :
  • Instagram

Setelah menjalani pemeriksaan, dokter mengungkapkan bahwa Baim mengalami hipertensi. Tensi darahnya mencapai 145, yang tergolong tinggi untuk usianya yang masih remaja. Temuan ini bahkan sempat membuat dokter dan kakak Baim tertawa, karena biasanya hipertensi lebih umum terjadi pada orang yang lebih tua, bukan remaja.

“Periksa (ke dokter) pas di cek tensi dokternya mau ketawa sama abang gua berdua terus bisikin abang gua, abang gua ngakak kenceng depan gua,” kata Baim. 

“Ya Allah lu masih kecil udah darah tinggi,” ucap abangnya dari cerita Baim. 

Dengan kondisi ini, Baim pun diimbau oleh dokter untuk lebih menjaga kesehatannya, termasuk memperbaiki pola tidur, banyak minum air putih, serta menjaga pola makannya agar tidak memperburuk kondisi darah tingginya.

Munculnya hipertensi pada usia muda seperti yang dialami Baim bukanlah hal yang umum, namun bukan berarti tidak mungkin. Faktor-faktor seperti stres, gaya hidup tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, serta kebiasaan makan yang buruk bisa memicu terjadinya darah tinggi pada usia remaja. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sejak dini sangat penting untuk mencegah munculnya penyakit serius di kemudian hari.