Mengenang Marissa Haque, Pernah Jadi Brand Ambassador Suzuki Esteem Edisi Khusus Dirinya

Marissa Haque Pernah jadi Brand Ambassador Suzuki Esteem Edisi Khusus Dirinya
Sumber :
  • Instagram @rayuaniklan

Jakarta, VIVA – Artis senior sekaligus politikus Marissa Haque dikabarkan meninggal dunia pada Rabu dini hari, 2 Oktober 2024, ia menghembuskan nafas terakhirnya di usia 61 tahun.

Kabar duka itu disampaikan oleh putri Marissa Haque, Chiki Fawzi melalui Instagram pribadinya, diketahui beliau meninggal pukul 2 pagi.

"Telah berpulang ke rahmatullah ibu mariisa ibu saya,” tulis Chiki di Instagram Story, dikutip Rabu 2 Oktober 2024.

"I love you soooo muchhh ibuuuu!!!,” sambungnya dalam unggahan lain sambil menggenggam tangan sang Almarhumah.

Chiki megatakan, sang ibunda akan dimakamkan di Tanah Kasar sesuai wasiat dari Almarhumah Marissa Haque.

Marissa Haque merupakan artis papan atas yang berprestasi di era 80-an, istri dari Ikang Fawzi itu banyak memerankan puluhan layar lebar.

Ia pun pernah menjadi brand ambassador produk otomotif edisi khusus dirinya, yakni Suzuki Esteem edisi terbatas dengan menyematkan 'MH Sporty' yang beredar pada tahun 1992 dan 1993. Singkatan ‘’MH” merupakan inisial dari artis Marissa Haque yang menjadi bintang iklan sedan tersebut.

Marissa Haque Pernah jadi Brand Ambassador Suzuki Esteem Edisi Khusus Dirinya

Photo :
  • Instagram @rayuaniklan dan Instagram @museumiklanindo

"Iklan mobil ini juga memperlihatkan semangat emansipasi wanita yang dimana jika dulunya mobil hanya dikendarai oleh kaum pria saja, justru dengan adanya branding 'Marissa Haque' di dalam iklan mobil Suzuki Esteem yang tayang dari tahun 1991-1993, membuat kaum wanita baik sebagai ibu rumah tangga maupun wanita karir juga bisa berkendara sendiri dengan menggunakan mobil," tulis informasi dari akun Instagram @museumiklanindo.

Nampaknya promosi dari PT Indomobil Sukses Internasional (ISI) selaku agen pemegang merek Suzuki indonesia saat itu sukses menyasar kaum hawa.

PT ISI memilih Marissa Haque menjadi brand ambassador dan menambahkan edisi terbatas dirinya adalah untuk menyasar kaum hawa, sebab Suzuki Esteem termasuk sedan dengan ukuran kompak.

Nama Esteem diambil dari bahasa Inggris yang artinya menghargai atau menghormati, diproduksi dari tahun 1991 hingga 1995 dengan banderol harga Rp20 sampai Rp35 jutaan kala itu.

Hadir dengan 2 varian, yakni Esteem 1.6 dan Esteem GT sebagai varian flagship.

Baik varian mesin 1.300 cc 8 katup (G13A) bertenaga 73 dk, dan pilihan mesin 1.600 cc 16 katup (G16B) bertenaga 95 dk masih menggunakan teknologi karburator, sebab teknologi injeksi baru masuk di Suzuki Baleno sebagai penerus dari Suzuki Esteem di tahun 1996.