Ustaz Khalid Basalamah Diduga Alumni dari Kampus yang Kasih Gelar Doktor ke Raffi Ahmad

Ustaz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jakarta, VIVA – Ramai pembahasan di media sosial soal gelar Doktor Honoris Causa (HC) yang diperoleh Raffi Ahmad dari Universal Institute of Profesional Management (UIPM) Thailand. Sejumlah netizen lantas menelusuri kebenaran hal itu karena masih ragu dengan kredibilitas sang artis untuk menyandang gelar Doktor.

Bahkan, salah satu netizen WNI yang tinggal di Thailand mencari tahu keberadaan lokasi kampus UIPM yang ternyata adalah sebuah hotel di kawasan Bangkok. Scroll lebih lanjut.

Kini, seorang netizen kembali menilik soal kampus yang menerapkan 100 persen online learning tersebut dan menemukan Ustaz Khalid Basalamah masuk dalam daftar salah satu alumni yang pernah mengenyam pendidikan di sana.

"Prof. (HC) Dr. (HC) Khalid Basalamah dan Dr. (HC) Raffi Ahmad. Alumni UIPM, eh bisa disebut alumni bukan sih? Netijen juga lagi rame nyari kampus UIPM di Bangkok, Bekasi, hingga di USA. Hasilnya bikin wow melongo. Melongo bukan takjub sih, tapi karena ga ketemu kampusnya," cuit akun X @narkosun, dikutip Selasa 1 Oktober 2024.

Berdasarkan list alumni kampus UIPM itu, tercatat bahwa Ustadz Khalid Basalamah mendapatkan dua gelar sekaligus. Ia menyandang gelar sebagai Doktor Honoris Causa in Sustainable Entrepreneurship and Social Innovation dan Honoris Profesor in Business Management and Leadership. Gelar tersebut sama-sama dikukuhkan pada tahun 2023 untuk bidang studi yang sama yakni Islamic Social Development Business.

Raffi Ahmad (tengah).

Photo :
  • Instagram @raffinagita1717.

Dalam kartu identitas profesor yang dikeluarkan oleh kampus tersebut, tertulis nama lengkap sang ustadz yakni Prof. Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., MA, dengan nomor yang terdaftar adalah 2023-PR-6200331. Ia juga ditugaskan mengajar sebagai dosen paruh waktu untuk program study Bachelor degree, Master degree, Doctoral Degree dan Profesor di Fakultas Ekonomi, Edukasi, Hukum, IT dan Multimedia, dan lainnya.

Jika ditelusuri lewat berbagai sumber tentang riwayat pendidikan, Ustadz Khalid Basalamah pernah mengenyam pendidikan S1 di Universitas Islam Madinah jurusan Dakwah dan Ushuluddin pada 1994. Kemudian ia kembali ke Indonesia pada tahun 1998 untuk melanjutkan sekolah S2 di Universitas Muslim Indonesia, Makassar. Tak berhenti di situ, Ustadz Khalid Basalamah melanjutkan ke jenjang S3 di Universitas Tun Abdul Razak, Malaysia.